57 Tahun Hilang Kontak, 2 Mantan Pengawal Jenderal Soedirman dan Moestopo Ketemu

Rabu, 18 Agustus 2021 - 07:28 WIB
loading...
57 Tahun Hilang Kontak, 2 Mantan Pengawal Jenderal Soedirman dan Moestopo Ketemu
Kapten CPM Purn Sanjoto dan Letda CPM Purn R Soemardi saat bertemu di TMP Giri Tunggal Semarang, Selasa (17/8/2021). Foto/iNews.id/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Dua pejuang kemerdekaan, mantan pengawal Jenderal Soedirman dan Mayjen Moestopo akhirnya bisa bertemu setelah hilang kontak selama 57 tahun.

Keduanya yakni Kapten CPM Purn Sanjoto (91), mantan Polisi Tentara Pengaman dan Pengawal Rute Gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman saat perang kemerdekaan, dan Letda CPM Purn R Soemardi (95), mantan Polisi Tentara pengawal pribadi Mayjen Moestopo tokoh militer Jawa Timur.

Sanjoto dan Soemardi yang sudah sepuh tak mengira bakal dipertemukan lagi. Detik-detik mengharukan pun muncul saat kedua veteran perang kemerdekaan ini dipertemukan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal, Kota Semarang, Jawa Tengah. Keduanya bisa bertemu setelah terpisah sejak tahun 1964.

Wajah berbinar haru dan bahagia bercampur haru tersirat pada wajah kedua veteran tersebut. Sanjoto yang datang lebih awal di TMP Giri Tunggal langsung menghampiri koleganya saat keluar dari mobil Denpom IV/5.

Baca juga: Tangis Pecah di Hari Kemerdekaan, Ribuan Pejuang Timor Timur Beri Hormat Sang Merah Putih

Sanjoto langsung bertegur sapa dan berbincang sesaat dengan Soemardi yang duduk di kursi roda. Perbincangan akrab saling melepas rindu di antara keduanya menjadi pemandangan yang mengharukan.

Baca juga: Bule Cantik Siberia Jatuh Cinta dengan Pencak Silat, Rela Belajar ke Kuningan

Di TMP Giri Tunggal, Sanjoto dan Soemardi berjalan beiringan dengan kawalan anggota Denpom IV/5 berziarah dan tabur bunga di makam beberapa teman seperjuangan dan para komandannya yang telah gugur.

Mereka antara lain Kolonel CPM Moelyono, Kolonel CPM Winarto dan Letkol CPM Untung Soewardi. Rombongan juga menziarahi makam dr Kariadi dan Mgr Soegijapranata, Pahlawan Nasional asal Semarang.

Kedua veteran perang itu tak menyangka bakal bertemu setelah puluhan tahun terpisahkan. Ya, pertemuan kedua veteran itu tak lepas dari peran Dandenpom IV/5 Semarang, Letkol CPM Okto Femula. Keduanya dijemput langsung oleh anggota Denpom IV/5 di rumahnya masing-masing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)