alexametrics

Kabar Baik, Seluruh Pasien COVID-19 RSUD Soekardjo Tasikmalaya Sembuh

loading...
Kabar Baik, Seluruh Pasien COVID-19 RSUD Soekardjo Tasikmalaya Sembuh
Pasien COVID-19 di RSUD Soekardjo Tasikmalaya mendapatkan sertifikat sembuh dari Dinas Kesehatan. FOTO/iNews TV/Asep Juhariyono
A+ A-
TASIKMALAYA - Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman menyatakan, semua pasien COVID-19 yang pernah dirawat di RSUD Soekardjo, Kota Tasikmalaya telah dinyatakan sembuh baik yang positif swab atau PCR dan berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

Sebanyak 44 mantan pasien COVID-19 di rumah sakit milik pemerintah daerah tersebut langsung mendapatkan surat keterangan sembuh dari Pemkot Tasikmalaya melalui Dinas Kesehatan setempat.

Meski demikian, lanjut Budi, mereka harus tetap menerapkan protokol kesehatan seusai menjalani isolasi di rumah sakit. Sehingga mereka para mantan pasien positif COVID-19 itu tak lagi terpapar virus corona. (Baca juga: Corona Belum Berakhir, Penutupan Objek Wisata di Karo Sumut Diperpanjang)



"Kami menyerahkan surat sembuh untuk pasien secara simbolis. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi pasien lainnya yang masih dirawat," tandas Budi kepada wartawan di RSUD Soekardjo Tasikmalaya, Jumat (29/5/2020).

Menurut Budi, surat keterangan sehat itu diberikan sebagai tanda bahwa para mantan pasien positif COVID-19 itu telah benar-benar sembuh. Tapi, mereka tetap diminta selalu menerapkan protokol kesehatan seusai menjalani isolasi di rumah sakit.
Sehingga, para mantan pasien COVID-19 tak akan lagi terkena virus corona dan bisa melanjutkan kehidupan normal sehari-hari. "Mudah-mudahan ini menjadikan motivasi bagi pasien-pasien yang lain. Dan perlu kami sampaikan bahwa di Kota Tasikmalaya pasien yang positif hasil swab atau PCR COVID-19 yang masih dirawat hanya menyisakan 5 pasien tersebar di beberapa rumah sakit selain RSUD Soekardjo," paparnya.

Budi menyebutkan, secara total masaih ada 23 pasien terkonfirmasi melalui tes swab dan 24 pasien terkonfirmasi melalui uji cepat (rapid test). Dari total jumlah tersebut, 36 orang telah dinyatakan sembuh atau negatif dan tiga orang meninggal dunia dan sisanya masih dalam perawatan.

Dia pun berharap dalam waktu dekat sisa pasien positif COVID-19 hasil swab atau PCR yang masih dirawat di rumah sakit lain selain RSUD Soekardjo Tasikmalaya akan bisa dinyatakan sembuh.

Sehingga, Kota Tasikmalaya bisa sesegera mungkin menjadi daerah yang zero pasien positif corona. "Mudah-mudahan mereka yang masih dirawat ini juga segera sembuh. Karena informasinya mereka juga secepatnya akan sembuh dan ini harus kita jaga," ujar dia.
(nbs)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak