Gotong Royong Tangani COVID-19, Kadin Indonesia Sumbangkan 41 Ton Oksigen Cair untuk Pemprov Jatim

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 00:30 WIB
loading...
Gotong Royong Tangani COVID-19, Kadin Indonesia Sumbangkan 41 Ton Oksigen Cair untuk Pemprov Jatim
Kadin Indonesia menyerahkan bantuan kepada Pemprov Jatim berupa 41 ton oksigen cair, 500 tabung oksigen 6 m3 dan 200 regulator ke Pemprov Jatim.
A A A
SURABAYA - Kamar Dagang dan Industri ( Kadin ) Indonesia menyerahkan bantuan kepada Pemprov Jatim berupa 41 ton oksigen cair, 500 tabung oksigen 6 m3 dan 200 regulator. Bantuan yang diserahkan Wakil Ketua Umum Bidang Kelautan dan Perikanan Kadin Indonesia Joseph Pangalila dan diterima Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Tampak dua truk tangki besar mengangkut isotank berisi oksigen cair dan satu kontainer mengangkut tabung oksigen dan regulator. Seusai menerima bantuan, Khofifah mengapresiasi atas bantuan oksigen cair beserta tabung oksigen dan regulator dari Kadin Indonesia dalam rangka gotong royong menangani COVID-19 di Jatim.

“Bantuan ini sejalan dengan upaya Pemprov Jatim untuk memaksimalkan kebutuhan oksigen bagi masyarakat yang berada di layanan isolasi terpusat (isoter),” katanya, Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Pamit Beli Tali, Lansia Tulungagung Ditemukan Tergantung di Atas Pohon Durian

Khofifah menjelaskan, salah satu fokus Pemprov Jatim saat ini adalah bagi pasien yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) diharapkan dapat dievakuasi ke isoter. Sebab dikhawatirkan jika pasien terkonfirmasi COVID-19 melakukan isoman tidak tersupply kebutuhan layanan kesehatannya. Utamanya, terkait kebutuhan oksigen dan layanan medik lainnya.

“Layanan isoter ini tidak boleh kekurangan oksigen. Karenanya bantuan ini sangat penting bagi supply terhadap layanan isoter di Jatim,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Khofifah, keberadaaan layanan isoter diharapkan dapat memenuhi supply yang lebih komprehensif. Baik dari sisi kebutuhan oksigen, obat, tenaga kesehatan (nakes), dan terkoneksi dengan RS rujukan COVID-19 jika membutuhkan layanan lanjutan. Dengan demikian akan bisa menaikkan tingkat kesembuhan, serta menurunkan angka kematian di Jatim akibat COVID-19.

“Diharapkan dengan isoter, maka jika ada kebutuhan oksigen bisa tersupply, kebutuhan nakes bisa tersupply, kebutuhan obat bisa relatif tersupply, konektivitas dengan RS rujukan juga bisa terhubung,” tandas gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Wakil Ketua Umum Bidang Kelautan dan Perikanan Kadin Indonesia Joseph Pangalila berharap, bantuan tersebut dapat membantu warga yang sedang berjuang melawan COVID-19 dan membuat kasus COVID-19 menurun.

Meski kasus COVID-19 mulai terkendali, namun angka kasus terkonfirmasi setiap harinya yang masih tinggi diharapkan terus menurun dengan adanya bantuan tersebut. “Semoga kasus COVID-19 semakin terkendali dan pandemi segera berakhir," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)