Rotasi Pejabat Pemprov Jabar, Ridwan Kamil: Jangan Banyak Adaptasi, Langsung Kerja

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 01:15 WIB
loading...
Rotasi Pejabat Pemprov Jabar, Ridwan Kamil: Jangan Banyak Adaptasi, Langsung Kerja
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengambil sumpah jabatan tiga pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemprov Jabar, Jumat (6/8/2021). Foto/Humas Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengambil sumpah jabatan tiga pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemprov Jabar secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (6/8/2021).

Ketiga pejabat yang dilantik secara virtual itu, yakni Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Eni Rohyani sebagai Inspektur Daerah, dan Wahyu Wijaya sebagai Kepala Biro Administrasi Pimpinan. Sebelumnya, tiga organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut dipimpin oleh pelaksana tugas (plt).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menuturkan, rotasi-mutasi aparatur sipil negara (ASN) di tubuh Pemprov Jabar dilakukan sesuai kebutuhan dan urgensi. Rotasi-mutasi, kata Kang Emil, dipastikan akan terus berlangsung hingga akhir 2021.

"Sehingga tidak mengagetkan atau istimewa karena ini bagian dari roda pembangunan yang harus terus bergulir sesuai dengan kebutuhan dan urgensi," katanya.

Baca juga: Perempuan Pejalan Kaki Diseruduk Mobil, Rekaman CCTV Tunjukkan Kengeriannya

Kang Emil meminta tiga pejabat baru tersebut langsung bekerja dan cepat beradaptasi dalam konsolidasi, terutama menyelesaikan masalah penanganan COVID-19 selain tugas pokok lainnya.

"Segera konsolidasi, tidak terlalu banyak beradaptasi, langsung kerja. Kita selesaikan permasalahan di 2021 yang sudah di depan mata," pintanya.

Diketahui, di tengah pandemi saat ini, Kang Emil sudah menginstruksikan semua perangkat daerah memiliki tugas seperti dinas kesehatan selain tugas pokoknya. Perangkat daerah diminta berkontribusi dalam penanganan COVID-19 dan membantu masyarakat terdampak ekonomi.

"Sekarang dalam situasi pandemi semua tupoksi kita arahkan pada penanganan COVID-19 dan tentunya peningkatan nilai-nilai pembangunan," ujarnya.

Lebih lanjut Kang Emil mengatakan, pelayanan kepada masyarakat merupakan satu dari tiga nilai yang harus dimiliki setiap ASN. Dua nilai lainnya, yakni selalu menjaga integritas dan meningkatkan profesionalisme.

"Saya titip seperti biasa tiga hal, jaga integritas, melayani sepenuh hati, dan terus kembangkan profesionalisme agar Jabar selalu juara dalam bidang apapun," tegasnya.

Kang Emil menambahkan, seluruh pejabat di lingkungan Pemprov Jabar kini dinilai oleh tiga pihak dalam menjalankan tugasnya. Selain diawasi oleh atasan, mereka juga akan dinilai kolega yang setara dan bawahannya.

"Jadi tidak bisa terlihat baik dari mata pimpinan, tapi harus baik, adil, memotivasi, dan menginspirasi para pasukan staf di bawahnya," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)