Salat Idul Adha di Rumah Dinas, Oded dan Yana Ajak Warga Refleksikan Semangat Berkurban

Selasa, 20 Juli 2021 - 13:18 WIB
loading...
Salat Idul Adha di Rumah Dinas, Oded dan Yana Ajak Warga Refleksikan Semangat Berkurban
Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menggelar salat Idul Adha di aula rumah dinas, Selasa (20/7/2021). Foto/Ist.
A A A
BANDUNG - Adanya PPKM Darurat, dan kondisi penularan COVID-19 yang masih ganas, membuat Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana melaksanakan salat Idul Adha di rumah dinasnya masing-masing.



Oded misalnya, melaksanakan Salat Idul Adha 1442 H di Aula Pendopo Bandung, Jalan Dalem Kaum. Salat diikuti keluarga terdekat seperti isterinya Siti Mutmainah. Sementara Oded tampak menjadi makmum salat.



Begitupun dengan Yana Mulyana yang melaksanakan salat Idul Adha di rumah dinasnya, Jalan Nyland, Kota Bandung. Yana salat bersama keluarga terdekat dengan menerapkan protokol COVID-19, seperti menjaga jarak dan mengenakan masker.



Sementara itu, sesuai dengan imbauan, pelaksaan salat Idul Adha di Bandung dilaksanakan menggunakan perokol kesehatan COVID-19. Tidak ada salat yang digelar di lapangan terbuka dalam jumlah banyak.

Kendati beberapa masjid ada yang menggelar salat Idul Adha , jamaahnya sangat dibatasi. Masjid Jabal Nur misalnya, hanya memperbolehkan jamaah pria di atas usia 18 tahun ikut suara idul adha di masjid. Jamaah akan dibatasi, setelah jumlah di masjid dan pelataran telah mencukupi.



Oded M. Danial mengatakan, banyak hikmah yang bisa diambil atas pelaksaan Hari Raya Idul Adha di saat pandemi. Terutama dalam meneladani sikap Nabi Ibrohim AS yang mengajarkan rela berkorban. Hal ini relawan melihat kondisi pada saat ini. "Kita sekarang sedang mengalami ujian pandemi COVID-19. Sekarang saatnya kita merefleksikan spirit berkurban. Bagaimana pengorbanan itu dilakukan," kata Oded.

Spirit berkorban bisa dilakukan dengan cara tetap di rumah, mengenakan masker, dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 lainnya. Disiplin melakukan standar kesehatan ini, perlu keikhlasan hati sebagai bentuk pengorbanan individu.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2329 seconds (0.1#10.140)