COVID-19 Menggila, Puskesmas di Surabaya Beroperasi 24 Jam

Selasa, 13 Juli 2021 - 05:13 WIB
loading...
COVID-19 Menggila, Puskesmas di Surabaya Beroperasi 24 Jam
Setelah mulai mengoperasikan Rumah Sakit Lapangan Tembak (RSLT), Pemkot Surabaya juga menyiapkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) di Puskesmas dapat beroperasi selama 24 jam. SINDOnews/Aan
A A A
SURABAYA - Layanan kesehatan terus ditambah untuk menampung pasien COVID-19 . Setelah mulai mengoperasikan Rumah Sakit Lapangan Tembak (RSLT), Pemkot Surabaya juga menyiapkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) di Puskesmas dapat beroperasi selama 24 jam.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menuturkan, pelayanan di Puskesmas hari ini mulai dibuka selama 24 jam termasuk dengan fasilitas ambulans. Ketika ada warga Kota Pahlawan yang merasa kurang sehat, dapat langsung memanfaatkan layanan ini meski saat kondisi tengah malam.

"Insya Allah pelayanan kesehatan masyarakat dibuka 24 jam, termasuk dengan ambulans yang ada 24 jam. Sehingga kapanpun masyarakat ketika merasa tidak nyaman dengan badannya, bisa langsung periksa ke PKM karena ada layanan selama 24 jam," katanya, Senin (12/7/2021).

Ia melanjutkan, ketika ada warga yang memanfaatkan layanan di PKM hasil swab antigennya positif, maka secara otomatis akan dirujuk ke tempat perawatan khusus untuk gejala ringan dan OTG.

Saat ini, Pemkot telah menyediakan dua lokasi perawatan khusus di Hotel Asrama Haji (HAH) dan RSLT. "Di lantai atas (RSLT) itu ada dua tempat. Itu akan digunakan untuk pasien Covid-19 yang gejala ringan dan OTG," ungkapnya. Baca: Kapal Tanker Pertamina Terbakar, PT MOS Pastikan Tak Ada Korban Jiwa.

Melalui rujukan ini, lanjutnya, ketika ada warga yang melakukan isolasi di rumah namun kondisinya tidak layak, dapat memanfaatkan fasilitas perawatan di dua tempat tersebut. Langkah ini dilakukan sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 di lingkungan keluarga.

"Sehingga nanti saya berharap warga Surabaya kalau swab antigennya positif, maka akan kita tempatkan di Hotel Asrama Haji atau RSLT lantai dua," jelasnya. Baca Juga: Rusak 3 Mobil Polisi, 31 Pendemo Rusuh di Tasikmalaya Ditangkap.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)