Sah! Warga Blitar Gugat PT Greenfields Indonesia dan Gubernur Jatim

Selasa, 06 Juli 2021 - 16:35 WIB
loading...
A A A
Sesuai surat gugatan bernomor perkara 77/Pdt.G/PNBlt, untuk seekor sapi warga meminta ganti rugi Rp 4,8 juta. Kemudian Rp 2,4 juta per satu ekor kambing, Rp 40 juta untuk satu petani ikan dan Rp 12 juta untuk kelompok warga terkait pengadaan air bersih. Sedangkan nilai gugatan imaterial sebesar Rp 100 juta per KK.

Kinan menambahkan, andai Gubernur Jatim dan Dinas Lingkungan Hidup mau menggunakan kewenangannya melakukan penindakan. Polemik pencemaran lingkungan akibat pembuangan limbah PT Greenfields di wilayah Kabupaten Blitar sudah teratasi jauh hari. Namun kenyataanya, kata Kinan gubernur telah mengabaikan persoalan lingkungan yang terjadi.

"Karenanya turut kita gugat sebagai turut tergugat I dan Dinas LH Provinsi Jatim sebagai turut tergugat II. Dan jumlah warga yang akan ikut menggugat ini akan bertambah lebih banyak," pungkas Kinan. Kuasa Hukum 258 KK warga Kecamatan Doko dan Wlingi penggugat PT Greenfields, Joko Trisno Mudiyanto membenarkan, gugatan sudah didaftarkan ke Pengadilan Negeri Blitar.

Jika ditotal besar tuntutan ganti rugi materiil dan imateriil warga mencapai angka miliar. "Sudah didaftarkan Senin (5/7) dan sudah keluar nomor perkaranya," ujar Joko.

Sesuai petunjuk Pengadilan Negeri Blitar yang tertera dalam nomor perkara. Sidang perdana gugatan perdata tersebut akan digelar mulai 21 Juli 2021. Sementara pihak PT Greenfields Indonesia yang diwakili Direktur Heru Setyo Prabowo belum bisa dikonfirmasi.
(nic)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)