Pandemi Belum Juga Berhenti, Anak-anak Muda di Jember Makin Semangat Berbagi

Rabu, 30 Juni 2021 - 18:15 WIB
loading...
Pandemi Belum Juga Berhenti, Anak-anak Muda di Jember Makin Semangat Berbagi
Anggota Komunitas Arek Kencong (KAK) saat membagikan bungkusan nasi kepada pekerja jalanan seperto tukang becak pada Jumat pekan lalu
A A A
JEMBER - Pandemi COVID-19 yang belum juga berhenti menginspirasi anak-anak muda di Kencong, Jember, Jawa Timur untuk beraksi. Anak-anak muda yang tergabung dalam Komunitas Arek Kencong (KAK) ini berbuat kecil untuk manfaat yang besar dirasakan bagi sesama.

Salah satu aksinya adalah Jumat Berkah, berbagi ratusan nasi bungkus kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti tukang becak dan pekerja jalanan lain yang terdampak pandemi ini.

Kegiatan ini merupakan bagian program Heppiii Community yang sudah berjalan selama lima tahun terakhir. Program ini biasa dilangsungkan setiap Jumat Legi penanggalan Jawa.

Baca juga: Buka 409 Gerai, Polda Jatim Lakukan Percepatan Vaksinasi COVID-19

"Kegiatan ini sebetulnya sudah lama, tapi saat pandemi sekarang ini ternyata sangat ditunggu dan dibutuhkan, khususnya oleh para tukang becak dan pekerja jalanan di Jember. Kami bersyukur bisa membantu saudara-saudara kita yang kesulitan," kata Ketua KAK Jember Anton Budiono, dalam keterangannya, Rabu (30/6/2021).

Saat pembagian pada Jumat pekan lalu banyak testimoni datang dari tukang becak. Anton bilang banyak tukang becak yang minta dua hingga tiga bungkus untuk diberikan kepada istri dan anak mereka di rumah.

"Karena saat pandemi ini mereka jarang narik (dapat penumpang), ya musim Corona tidak banyak aktivitas di luar, seperti di pasar maupun tempat-tempat keramaian. Karena itu nasi bungkus bisa mengurangi pengeluaran mereka hari itu," imbuhnya.

Baca juga: Kolaborasi Dua Komunitas Anak Muda di Madiun Sumbang Darah Buat PMI

Pembagian nasi bungkus yang dilangsungkan pada Jumat lalu ini menyasar tiga kecamatan sekaligus, yakni Kecamatan Kencong, Kecamatan Jombang, dan daerah Yosowilangun yang berdekatan dengan kabupaten Lumajang.

Nasi bungkus ini berasal dari komunitas KAK yang saat ini jumlahnya mencapai 40 member di seluruh wilayah Jember. Mereka setiap Jumat Legi menyumbang nasi bungkus, dari semua anggota ini lalu terkumpul 200 hingga 300 bungkus lalu dibagikan kepada tukang becak dan dhuafa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5720 seconds (0.1#10.140)