Proyek Jalan-Pedestrian di Kawasan Bira Dukung Potensi Wisata

Senin, 28 Juni 2021 - 06:44 WIB
loading...
A A A


“Pengunjung-pengunjung dari luar kabupaten/provinsi atau luar daerah, kan rata-rata datang ke sini karena pantainya. Setelah sampai di sini kita beri informasi, mereka kan mau juga ke (destinas wisata) Apparalang, sekarang ada Titik Nol, kurang lebih sama Apparalang. Daripada jauh-jauh di sana, lebih baik ke Titik Nol. Jadi kita arahkan kesana. Kan sudah jadi objek wisata baru,” urai Umar.

Diketahui, proyek infrastruktur tersebut dibangun berkat Bantuan Keuangan Pemprov Sulsel. Pada tahun 2019, bantuan anggaran sekitar Rp20,8 miliar dipakai untuk proyek pembangunan jalan, pedestrian dan penerangan jalan kawasan wisata Bira.

Proyek Jalan-Pedestrian di Kawasan Bira Dukung Potensi Wisata


Selanjutnya, Pemprov Sulsel kembali mengucurkan anggaran bantuan keuangan sekira Rp7,1 miliar untuk rehabilitasi jalan parkiran 1 dan pembangunan jalan parkiran 2 kawasan wisata Bira pada tahun 2020.

Rehabilitasi jalan dan pembangunan jalur pedestrian sepanjang 1,1 kilometer tidak hanya meningkatkan potensi objek wisata tebing Bira Timur Kawasan Titik Nol Sulawesi tersebut. Namun juga mendorong taraf perekonomian masyarakat.

Salah satu pedagang di destinasi wisata Titik Nol Sulawesi di Bira , Indar mengakui, kunjungan wisata semakin banyak. Hal ini turut berdampak positif pada kelangsungan usahanya di sekitar kawasan wisata.



“Dari segi banyaknya tamu, lebih bayak dari pada sebelum jalannya diperbaiki. Kalau dari segi pendapatan pasti meningkat. Kalau banyak tamu, banyak yang beli juga,” tutur warga Bulukumba yang berjualan minuman tersebut.

Menurut dia, peningkatan kunjungan ini termasuk efek dari semakin mudahnya akses menuju destinasi Titik Nol Bulukumba, berkat rehabilitasi jalan pembangunan pedestrian. “Dulu itukan jalannya kayak sepetak saja. Mobil juga buat maju dan mundur itu berdempetan,” paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)