Kisah Mistis Calon Arang dan Asal Muasal Leak Bali

Sabtu, 12 Juni 2021 - 05:00 WIB
loading...
Kisah Mistis Calon Arang dan Asal Muasal Leak Bali
Pementasan Calonarang di Bali yang hingga saat ini menjadi kesenian rakyat yang sangat populer dan masih sangat diminati. Foto/Ist
A A A
Calonarang menjadi kesenian rakyat yang sangat populer dan masih sangat diminati rakyat Bali. Calonarang dikenal makhluk jadi-jadian yang sangat menyeramkan, menguasai ilmu leak tingkat tinggi sehingga sangat ditakuti. Lalu bagaimana sejarahnya?

Baca juga: Kisah Aksi Heroik Cakradireja Kuasai Kewedanaan Karawang dan Tewaskan 47 Tentara Jepang

Pada zaman dahulu kala, ada sebuah kerajaan bernama Daha yang dipimpin oleh Raja Airlangga. Ia dikenal sebagai raja yang begitu adil dan bijaksana. Rakyatnya hidup tentram, aman, danbahagiadi bawah kepemimpinannya.

Baca juga: Legenda Buaya Putih di Keraton Kasepuhan, Anak Sultan Dikutuk Gegara Rebahan Usai Makan

Sayangnya, kedamaian tersebut cukup terusik dengan keberadaan seorang wanita paruh baya yang menjadi pengikut Betari Durga, sang Dewi Kesesatan. Ia tinggal di ujung Desa Girah dan tidak segan-segan untuk mencelakai orang lain menggunakan ilmu hitam.

Kisah Mistis Calon Arang dan Asal Muasal Leak Bali

Pementasan Calonarang di Bali yang hingga saat ini menjadi kesenian rakyat yang sangat populer dan masih sangat diminati. Foto/Ist

Namanya adalah Ki Rangda, tapi orang-orang menjulukinya sebagai Calonarang. Ia tinggal bersama dengananak perempuansemata wayangnya yang bernama Ratna Manggali

Ki Rangda adalah seorang wanita berwajah sinis yang selalu curiga dengan orang lain yang mendekat. Hal itu dikarenakan suaminya meninggal dan diduga karena terkena ilmu hitam. Kemudian, ia mempelajari ilmu hitam untuk menuntut balas akan kematian suaminya yang masih belum diketahui siapa dalangnya.

Sementara itu, Ratna Manggali merupakan seorang gadis berparas cantik dan beperangai baik. Sayangnya, orang-orang tidak mau mendekat karena takut dengan ibunya. Maka dari itu, ia merasa sangat kesepian.

Pada suatu hari, Ki Rangda memperhatikan anak gadisnya yang begitu cantik itu. Ia sebenarnya merasa prihatin karena tidak ada yang mendekatinya. Padahal, umurnya sudah pantas untukmenikah.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)