Gubernur Ridwan Kamil Minta Pemuda Jaga Kesaktian Pancasila

Rabu, 02 Juni 2021 - 00:30 WIB
loading...
Gubernur Ridwan Kamil Minta Pemuda Jaga Kesaktian Pancasila
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat berbicara dalam acara Bangkit Milenial Fest 2021 di Balai Pengelolaan Taman Budaya, Jalan Bukit Dago Selatan, Kota Bandung, Selasa (1/6/2021). Foto/Humas Jabar
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta pemuda menjaga kesaktian Pancasila dengan cara menjaga kondusivitas dan mengelola perbedaan berlandaskan Pancasila.

"Pancasila-nya dijaga dengan melawan mereka yang hendak mengganggu Pancasila. Kita gunakan tenaga dan kreativitasnya untuk membela negeri agar tetap indah dan damai," tegas Ridwan Kamil dalam acara Bangkit Milenial Fest 2021 di Balai Pengelolaan Taman Budaya, Jalan Bukit Dago Selatan, Kota Bandung, Selasa (1/6/2021).

Baca juga: Keterisian Rumah Sakit Meningkat, Ridwan Kamil: Ini Imbas Libur dan Mudik yang Bocor

Menurut Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu, membangun Indonesia lahir dari lima perjanjian luhur yang dinamakan Pancasila. Karenanya, Kang Emil meminta agar pemuda sekuat tenaga menjaga kesaktian Pancasila dengan memaknai setiap kegiatan melalui kelima sila yang terkandung di dalamnya.

"Harus berketuhanan agar selalu ingat terhadap urusan batin, inilah esensi sila kesatu. Kemanusiaan, kita harus tolong menolong dan tidak ada urusannya dengan agama juga identitas. Persatuan Indonesia, supaya tidak ada yang memecah belah. Demokrasi, kalau ada kegiatan kita harus diskusi. Keadilan sosial, harus tolong menolong dengan sesama," paparnya.

"Lawan mereka-mereka yang kalau nanti ketika jam istirahat di sela kegiatan sekolah, berkuliah mengajak bisik-bisik seminar kajian dan menjelekkan Pancasila," sambung Kang Emil menegaskan.

Baca juga: Ridwan Kamil Lelang Lukisan Tauhid yang Mengikat Perbedaan, Hasilnya untuk Palestina

Kang Emil juga berharap, generasi muda mampu menanggapi perbedaan agama dan budaya sebagai rahmat, agar kelak Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi negara adidaya.

"Saya doakan agar melihat perbedaan sebagai rahmat dengan menjaga toleransi dan keberagaman hingga lahirlah Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Jika Indonesia mau menjadi negara adidaya pada 2045 mendatang, kata Kang Emil, para pemuda jangan sampai terdisrupsi ajakan-ajakan yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Karena dari perbedaan lahirlah kemajuan, maka Indonesia kuat karena ada berbagai macam suku bangsa yang berbeda namun tetap satu NKRI," tegasnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Kang Emil juga mengapresiasi atas penyelenggaraan acara Bangkit Milenial Fest 2021 yang digagas oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jabar. Menurutnya, kegiatan ini dapat menanamkan nilai Pancasila dengan cara yang kreatif.

"Inilah yang saya tunggu menyosialisasikan pilar-pilar Pancasila dengan cara yang kreatif seperti ini, menyesuaikan dengan generasi Z," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4014 seconds (0.1#10.140)