Adnan Purichta Ichsan Ditunjuk Jadi Sekjen APKASI

Senin, 31 Mei 2021 - 14:20 WIB
loading...
Adnan Purichta Ichsan Ditunjuk Jadi Sekjen APKASI
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ditunjuk sebagai Sekjen APKASI Periode 2021-2026. Foto: Istimewa
A A A
SUNGGUMINASA - Bupati Gowa , Adnan Purichta Ichsan ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia ( APKASI ) Periode 2021-2026.

Bupati Adnan mengatakan, penunjukan tersebut berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (Munas) APKASI yang digelar di Hotel Kempinski, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain menunjuk Adnan sebagai Sekjen, Munas APKASI yang dibuka langsung oleh Presiden Jokowi ini, juga terpilih sebagai Ketua APKASI Periode 2021-2026, Bupati Dharmasraya Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Bendahara Umum dijabat oleh, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah.

Orang nomor satu di Kabupaten Gowa ini mengaku bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya untuk menjabat sebagai Sekjen di organisasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia ini.



"Alhamdulillah dipercaya menjadi Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia, terima kasih doa dan dukungan kita semua," ucapnya, Minggu (30/5/2021).

APKASI sendiri memiliki tugas-tugas penting yang bertujuan meningkatkan peran otonomi daerah di tingkat kabupaten agar berjalan baik, memiliki semangat kuat dalam membangun daerahnya dan sebagai mitra strategis antara pemerintah pusat dengan pemerintah kabupaten.

Sesuai dasar pembentukannya pada tahun 2000, APKASI memiliki tugas pokok sebagai penyedia Advokasi, Mediasi dan Fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat dan instansi lainnya sesuai hakikat otonomi daerah.

Selain itu, APKASI mempunyai fungsi yaitu, mitra kritis dan strategis pemerintah dalam penyusunan kebijakan nasional tentang pemerintah daerah, fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah, memfasilitasi kerja sama antar daerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi.

Kemudian memfasilitasi pertukaran ide, informasi dan pengalaman antar pemerintah daerah, mendorong promosi potensi daerah untuk meningkatkan pencitraan daerah dalam rangka menghadapai persaingan regional dan global. Serta APKASI bermitra dengan pemerintah dalam rangka diseminasi dan sosialisasi berbagai peraturan dan perundang-undangan, serta kebijakan di bidang otonomi daerah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)