HUT ke-24 Apkasi di Trenggalek, Para Bupati Dukung Pembangunan Ramah Lingkungan

Minggu, 09 Juni 2024 - 21:00 WIB
loading...
HUT ke-24 Apkasi di Trenggalek, Para Bupati Dukung Pembangunan Ramah Lingkungan
Wakil Ketua Apkasi sekaligus Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (kanan) dan juara Putri Otonomi Indonesia Tahun 2024 Raphaella Chayla Shaka. Foto/ist
A A A
TRENGGALEK - Para bupati yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia ( Apkasi ) berkomitmen untuk mendukung pembangunan daerah dengan pengendalian karbon. Komitmen tersebut merupakan hasil workshop “Ekonomi Hijau dan Pembangunan Rendah Karbon untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat di Daerah”.

Workshop ini menjadi rangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-24 di Kabupaten Trenggalek , Jawa Timur, Sabtu (8/6/2024). Wakil Ketua Apkasi sekaligus Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengungkapkan, ingin pembangunan kabupaten berkolaborasi dengan lingkungan hidup.

“Kalau ingin meninggalkan ekonomi jangan meninggalkan sisi ekologinya,” ungkap Arifin seusai syukuran HUT ke-24 Apkasi di Pantai Pondok Prigi, Kecamatan Watulimo.



Sejumlah wilayah di Indonesia, katanya, memiliki potensi menambah pendapatan asli daerah (PAD), melalui perdagangan karbon. Yang salah satunya dihasilkan oleh hutan mangrove.

“Industri besar (di luar negeri) sedang mencari karbon untuk mengkompensasi emisi yang sudah mereka lepaskan,” urainya.

Putri Otonomi Indonesia

Peringatan HUT ke-24 Apkasi juga diisi dengan pemilihan Putri Otonomi Indonesia. Raphaella Chayla Shaka, perwakilan dari Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terpilih menjadi Juara Putri Otonomi Indonesia Tahun 2024 (POI 2024).

Raphaella berhasil menyisihkan 14 finalis lainnya di babak grand final melalui prosesi tanya jawab yang cukup ketat dan selanjutnya akan melakukan tugasnya sebagai Putri Otonomi Indonesia 2024 selama setahun ke depan.



Bupati Trenggalek Muchamad Nur Arifin menyematkan selempang Juara POI 2024 setelah Raphaella menerima mahkota juara dari Putri Otonomi Indonesia 2023 Elisha Lumintang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)
pixels