Didata Manual oleh Tim SAR, Penumpang KM Karya Indah yang Terbakar Ternyata 257 Orang

Sabtu, 29 Mei 2021 - 17:31 WIB
loading...
Didata Manual oleh Tim SAR, Penumpang KM Karya Indah yang Terbakar Ternyata 257 Orang
Jumlah penumpang Kapal Motor (KM) Karya Indah yang terbakar di Perairan Pulau Limafatola, Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, Sabtu (29/5/2021) pagi ternyata melampau manifestasi. (Ist)
A A A
TERNATE - Jumlah penumpang Kapal Motor (KM) Karya Indah yang terbakar di Perairan Pulau Limafatola, Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, Sabtu (29/5/2021) pagi ternyata melampau manifestasi.

Berdasarkan pendataan manual yang dilakukan Tim SAR Gabungan di Posko Pelabuhan Sanana hingga pukul 17.33 WIT, jumlah penumpang kapal nahas tersebut mencapai 257 orang, jauh melampau manifestasi yang tercatat 181 orang.

"Hingga pukul 17.33 WIT, jumlah penumpang yang terdata sebanyak 257 orang berdasarkan pendataan manual di Posko Pelabuhan Sanana," ungkap Kasubsie Operasi dan Siaga Basarnas Ternate, Bram Madya Temara Is melalui sambungan telepon selulernya, Sabtu (29/5/2021).

Bram mengakui, jumlah penumpang yang berhasil dievakuasi tersebut berselisih jauh dengan manifestasi penumpang KM Karya Indah. Pihaknya sendiri kini tengah berkoordinasi dengan pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) terkait hal tersebut. "Betul, memang ada selisih jauh karena di manifestasi tercatat hanya 181 penumpang. Kita sedang koordinasikan hal ini dengan KSOP," ujarnya.

Bahkan, tambah Bram, dari 257 penumpang yang sudah terdata secara manual, masih ada beberapa penumpang yang belum terdata. Meski begitu, pihaknya belum bisa memastikan jumlah penumpang yang belum terdata di luar manifestasi itu. Baca: Dramatis Penyelamatan 181 Penumpang KM Karya Indah yang Terbakar di Perairan Kepulauan Sula.

Pihaknya juga belum bisa memberikan keterangan terkait rincian penumpang. Dia beralasan, pendataan belum selesai karena masih berproses. "Untuk rinciannya belum bisa kami umumkan karena pendataan masih berlangsung. Setelah selesai, kami akan umumkan, termasuk rinciannya," kata Bram.

Sebelumnya, Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah menuturkan, proses evakuasi penumpang kapal nahas itu sudah selesai pukul 11.30 WIT. Para penumpang yang melompat ke laut saat kapal terbakar sudah dievakuasi semua, termasuk yang diselamatkan warga ke daratan/desa di sekitar lokasi. Baca Juga:

Adapun jumlah pasti penumpang kapal nahas tersebut, kata Arafah, masih dalam pendataan. Dia memastikan bahwa Tim SAR Gabungan masih berada di lokasi untuk terus melakukan penyisiran, khawatir ada korban terlewat. "Jadi, alhamdulillah sementara tidak ada korban jiwa. Semua selamat. Tidak ada penumpang luka parah. Rata-rata hanya luka lecet, kedinginan, hipotermia, dan syok," ungkap Arafah. Baca Juga: KM Karya Indah Berpenumpang 181 Orang Terbakar di Perairan Kepulauan Sula.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)