Diguyur Hujan Deras, Dua Permukiman Penduduk di Jambi Terendam Banjir

Sabtu, 22 Mei 2021 - 15:21 WIB
loading...
Diguyur Hujan Deras, Dua Permukiman Penduduk di Jambi Terendam Banjir
Penampakan banjir yang merendam rumah salah seorang warga di Perumahan Kembar Lestari Satu di RT 28, Desa Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota (Jaluko)
A A A
JAMBI - Akibat diguyur hujan deras Jumat malam hingga Sabtu pagi (22/5/2021), dua permukiman penduduk yang tersebar di Perumahan Kembar Lestari Satu di RT 28, Desa Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota (Jaluko), Kabupaten Muarojambi dan Perumahan Kembar Lestari Dua di RT 56, Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi terendam banjir, Sabtu (22/5/2021).

Salah seorang korban banjir di Perumahan Kembar Lestari Satu Hermina Nenggolan mengatakan, banjir yang terjadi saat ini disebabkan oleh meluapnya sungai di dekat permukiman Perumahan Kembar Lestari Satu dan Dua.

"Ini akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah setempat sejak Jum'at malam hingga Sabtu pagi. Jadi beginilah pak kalau banjir di kampung kami, Kembar Lestari Satu. Kena hujan tiga jam atau dua jam saja sudah banjir," ujarnya, Sabtu (22/5/2021).

Baca juga: Kapolres: Anak Danramil Ditemukan Tewas Masih Pakai Earphone dengan Kondisi Ponsel Dicas

Menurutnya, selama ini aliran sungai yang menyempit setelah dilakukan perbaikan menjadi salah satu penyebab volume air meningkat saat diguyur hujan, sehingga meluber dan merendam permukiman penduduk.

"Harapan kepada pemerintah, ya minta tolong lah bantuannya agar tidak terjadi banjir perumahan kami ini. Anak-anak saya juga sudah mengungungsi di tempat keluarga tadi malam," tutur warga RT 28, Desa Mendalo Darat, Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muarojambi ini.

Terpisah, Tono, warga Perumahan Kembar Lestari Dua RT 56, Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi menjelaskan, banjir yang menerjang perumahan padat penduduk di wilayah perbatasan Kota Jambi- Muarojambi ini juga merendam ruas jalan dan fasilitas umum seperti tempat ibadah dan pendidikan.

Baca juga: Burung Pedagang Sate Keliling di Bangka Selatan Digondol Maling

"Banjir ini di Perumahan Kembar Lestari Satu dan Kembar Lestari Dua. Yang Kembar Lestari Satu di Muarojambi dan yang di Kembar Lestari Dua di Kota Jambi," imbuhnya.

"Kurang lebih ada seratusan rumah yang terendam. Kedalamannya antara 70 centimeter. Banjir ini akibat derasnya air sungai, itukan menyempit. Semakin di dam semakin menyempit jadi menyebabkan banjir, melimpah airnya," ungkap Tono.

Akibat banjir dadakan tersebut, membuat aktivitas warga terganggu. Tidak hanya itu, warga harus menyelamatkan barang berharga miliknya ketempat yang lebih tinggi.

"Penyebabnya karna hujan deras. Parit sungai itu harus dilebarkan. Harapannya dari pemerintah, dari pemda setempat, provinsi untuk bagaimana menanggulangi agar tidak lagi terjadi banjir," jelas Ketua RT 28, Desa Mendalo Darat, Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muarojambi, Basrizal.

Diakuinya, permukiman penduduk di Perumahan Kembar Lestari Satu dan Dua ini rawan terjadi banjir. "Ini disebabkan letak permukiman penduduk di daerah perbatasan Kota Jambi dan Muarojambi itu merupakan dataran rendah," tegasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)