Punya Ribuan Koleksi Buku dan Unik, Perpustakaan Herbal Nginden Jangkungan Lolos Tingkat Provinsi

Kamis, 20 Mei 2021 - 17:55 WIB
loading...
Punya Ribuan Koleksi Buku dan Unik, Perpustakaan Herbal Nginden Jangkungan Lolos Tingkat Provinsi
Perpustakaan Herbal Nginden Jangkungan lolos enam terbaik di Jatim.
A A A
SURABAYA - Perpustakaan Herbal Nginden Jangkungan, Kota Surabaya, berhasil lolos menjadi 6 nominator terbaik Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2021. Perpustakaan ini menjadi salah satu perwakilan dari Kota Surabaya yang masuk ke tingkat Jatim.

Perpustakaan yang terletak di sebelah Kantor Kelurahan Nginden Jangkungan, Kecamatan Sukolilo ini, kemudian berhak mengikuti tahap penilaian visitasi di lapangan. Proses penilaian inipun dilakukan oleh dewan juri dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Provinsi Jatim, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: 4 Warga Probolinggo Keracunan Gas saat Kuras Sumur, 2 Tewas

Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji, beserta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya, Musdiq Ali Suhudi, turut hadir dalam proses penilaian tersebut. "Saat ini, Perpustakaan Herbal Nginden Jangkungan mewakili Surabaya pada tingkat Provinsi Jatim. Mudah-mudahan dapat menjadi Juara 1," kata Armuji.

Ia melanjutkan, pihaknya berkaca pada prestasi-prestasi sebelumnya yang pernah diraih beberapa perpustakaan di Surabaya. Salah satu di antaranya yakni, Perpustakaan Ngagel Rejo yang pernah meraih Juara 1 tingkat Nasional pada 2012. Serta, Perpustakaan Rakyat Pagesangan yang meraih Juara 3 tingkat Nasional pada 2019.

"Sekarang kalau melihat kondisi eksisting lingkungan dan perpustakaan yang ada, ini lebih bagus dari yang kemarin. Sarana prasarana belajar juga cukup mewadahi, koleksi bukunya juga banyak," ungkapnya.

Baca juga: Selama Operasi Ketupat Semeru 2021 Terjadi 442 Laka Lantas, 51 Orang Meninggal Dunia

Mantan Ketua DPRD Surabaya itu percaya, Perpustakaan Herbal Nginden Jangkungan dapat menjadi Juara 1 di tingkat Jatim. Bahkan, ia berharap, ke depan perpustakaan ini dapat melaju ke tingkat Nasional dan menjadi juara. "Perpustakaan Herbal yang ada di Nginden Jangkungan teruslah berinovasi, terus berkembang dan mempunyai suatu inisiatif," jelasnya.

Kepala Dispusip Kota Surabaya, Musdiq Ali Suhudi mengungkapkan, Perpustakaan Herbal Nginden Jangkungan berhasil lolos menjadi 6 nominator terbaik tingkat Jatim. Nah, untuk menuju tahapan berikutnya, maka dewan juri melakukan penilaian secara langsung di lapangan. "Dan hari ini dewan juri melihat lokasi di lapangan. Apakah yang ada di proposal itu sesuai dengan di lapangan," kata Musdiq.

Musdiq menyebut, dalam tahap visitasi penilaian, ada beberapa poin yang menjadi penekanan dewan juri. Di antaranya yakni, bagaimana pengelolaan perpustakaan itu berjalan, dampak perpustakaan terhadap kesejahteraan masyarakat, serta tingkat partisipasi masyarakat di dalam pengelolaan perpustakaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0972 seconds (0.1#10.140)