Jenazah Ajudan Pribadi Komandan TPNPB-OPM Lesmin Walker Diserahkan ke Keluarganya

Jum'at, 14 Mei 2021 - 21:11 WIB
loading...
Jenazah Ajudan Pribadi Komandan TPNPB-OPM Lesmin Walker Diserahkan ke Keluarganya
Jenazah anggota teroris, Wandis Enimbo (29) yang merupakan ajudan pribadi komandan OPM, Lesmin Waker diserahkan oleh petugas kepada keluarganya. Foto/Ist
A A A
PUNCAK - Satgas Gakkum dengan pengamanan ketat mengevakui jenazah anggota kelompok teroris Lekagak Talenggen yang ditembak mati oleh TNI Polri. Evakuasi dilakukan di lokasi kontak tembak, Kamoung Woloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (14/5/2021).

Baca juga: Lesmin Walker, Komandan TPNPB OPM Pimpinan Lekagak Telenggen Ditembak Mati Pasukan TNI Polri

Evakuasi anggota teroris ini dilakukan setelah sebelumnya terjadi kontak tembak antara pentolan sekaligus komandan pasukan kelompok teroris, Lesmin Walker dan anak buahnya dengan pasukan TNI-Polri.

Baca juga: 3 Tim Pasukan Elit TNI Ini yang Menembak Mati Komandan OPM Lesmin Walker dan Pukul Mundur KKB

Lesmi Walker tewas dalam kontak tembak dengan TNI-Polri pada Kamis 13 Mei 2021 jam 08.00 WIT itu. Dia merupakan Komandan Pasukan Pintu Angin Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) pimpinan Lekagak Telenggen tewas.

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, menjelaskan setelah dievakuasi telah dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan identifikasi dengan tetap menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

"Proses identifikasi jenasah dilakukan di Puskesmas Distrik Ilaga, Puncak dihadiri oleh Kapolres Puncak Kompol I Nyoman, Dandim 1714 Puja," kata Iqbal, Jumat (14/5/2021).

Tim identifikasi Satgas Gakkum Ops Nemangkawi berdasarkan sidik jari jenazah, barang-barang hiasan yang digunakan, pencocokan wajah, berikut hasil penyelidikan lapangan atas keterangan Kepala Distrik Ilaga Utara, Joni Elatotagam dan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Puncak sekaligus Ketua Lembaga Musyawarah Adat Kabupaten Puncak, maka jenazah berhasil diketahui identitasnya.

Jenazah anggota teroris yang merupakan anak buah Lekagak Talenggan tersebut berinisial Wandis Enimbo (29), dengan jabatan dalam kelompok sebagai ajudan pribadi Lesmin Waker.

"Dari keterangan saksi diketahui Wandis Enimbo merupakan ajudan pribadi yang selalu bersama Lesmin Waker," lanjutnya.

Barang bukti yang telah diamankan antara lain 1 helm militer, dokumen, berbagai senjata tajam, panah dan HP. Sedangkan ciri2 dan tanda yang melekat pada jenazah antara lain anting besi di telinga kiri dan kanan, gelang besi di tangan, dan manik-manik kalung plastik.

Selanjutnya jenazah Wandis Enimbo diserahkan oleh Kapolres Puncak dan Dandim Fuja kepada pihak keluarga yang diwakili oleh Kepala Distrik Kago Ilaga, disaksikan oleh Kepala Distrik Ilaga Utara, Ketua Lembaga Musyawarah Adat Puncak, dan beberapa tokoh masyarakat.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2270 seconds (0.1#10.140)