38 Rumah Ambruk, Gelombang Tinggi Hantam Aceh Barat Daya

Jum'at, 22 Mei 2020 - 10:56 WIB
loading...
38 Rumah Ambruk, Gelombang Tinggi Hantam Aceh Barat Daya
38 Rumah Ambruk, Gelombang Tinggi Hantam Aceh Barat Daya. Foto/Inews TV/Afsah
A A A
BLANG PIDIE - Sebanyak 38 rumah warga di Desa Kedai Palak Kerambil, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, ambruk akibat diterjang gelombang tinggi.

Ambruknya rumah warga ini akibat tidak adanya penahan ombak yang dibangun secara permanen oleh pemerintah daerahpadahal setiap tahunnya abrasi terus melanda kawasan tersebut.

Akibat abrasi ini warga yang rumahnya hancur terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman sambil membawa harta benda mereka.

Selain merusak rumah warga gelombang tinggi yang terjadi sejak sepekan ini juga merusak sejumlah kafe wisata yang ada di sepanjang pantai di Aceh Barat Daya tersebut.

Tak hanya itu sejumlah pohon di pesisir pantai ini juga ikut tumbang terseret arus ombak besar. (Baca: Tembak Petugas, DPO Curas di Muba Tewas Didor)

Kepala Desa Kedai Palak Kerambil Bainuddin mengatakan,abrasi yang terjadi kali ini merupakan yang terparah dalam setahun terakhir sehingga warga terpaksa mengungsikan diri untuk keselamatannya.

“Sebanyak 38 kepala keluarga sudah mengungsi ke rumah saudaranya untuk sementara waktu karena khawatir rumah mereka terancam roboh ke laut,” kata dia, Jumat (22/5/2020).

Menurut dia, warga berharap pemerintah segera membangun tinggal yang layak sehingga rumah warga tidak lagi rusak atau mengungsi dihantam gelombang tinggi.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2406 seconds (0.1#10.140)