Pandemi Corona, Kemenag Pangkep Gelar Manasik Haji Daring

Minggu, 19 April 2020 - 17:24 WIB
loading...
Pandemi Corona, Kemenag Pangkep Gelar Manasik Haji Daring
Sejumlah calon jamaah haji di Kabupaten Pangkep mengikuti manasik daring yang dilakukan Kemenag. Foto: SINDOnews/Muhammad Subhan
A A A
PANGKEP - Akibat pandemi virus corona atau covid-19, manasik haji di Kabupaten Pangkep yang digelar Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pangkep diselenggarakan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi zoom.

Kasi Haji dan Umrah Kemenag Pangkep, Zulkifli menjelaskan, walaupun secara resmi Pemerintah Arab Saudi belum mengeluarkan pemberitahuan resmi terkait kejelasan ibadah haji tahun ini. Namun pihaknya tetap melaksanakan manasik haji. Langkah ini sebagai persiapan ibadah haji mendatang.

"Harapan kami di tengah pandemi corona ini jamaah haji tetap melaksanakan bimbingan manasik haji, walaupun tidak melakukan tatap muka langsung, mengingat kondisi saat ini," ungkapnya, Minggu (19/4/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, pelaksanaan bimbingan manasik haji daring ini merupakan pertama kalinya yang diuji coba pelaksanannya oleh Kemenag Pangkep. Manasik daring perdana ini menghadirkan pemateri Ustad Arif Arfah dari kediamannya.

"Ini pertama kalinya kita laksanakan. Selanjutnya kami akan laksanakan kegiatannya nantinya tiap kecamatan atau gabungan, minimal 50 orang dalam satu kali kegiatan, paling banyak 60 orang yang ikut," paparnya.

Salah seorang calon jamaah haji, Baharuddin warga Pangkajene mengatakan, dalam situasi pandemi corona, pilihan untuk manasik haji secara daring adalah pilihan yang baik. Sayangnya, kata Baharuddin, banyak calon jamaah yang tidak dapat mengikuti manasik karena berbagai kendala.

"Pelaksanaan manasik online ini sebenarnya baik sebab memanfaatkan teknologi. Terlebih lagi di masa pandemi ini. Namun tidak semua calon jamaah haji bisa mengakses apalagi yang tidak ada jaringannya. Juga terbatas waktu jika online dibandingkan tatap muka," ujar Baharuddin.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3354 seconds (10.55#12.26)