Sertifikasi Pembimbing Haji, Sekretaris LD PBNU: Harus Melayani Sepenuh Hati

Rabu, 17 Januari 2024 - 19:29 WIB
loading...
Sertifikasi Pembimbing Haji, Sekretaris LD PBNU: Harus Melayani Sepenuh Hati
Sertifikasi pembimbing manasik ibadah haji dan umrah profesional ke-30 digelar selama pada 15-22 Januari 2024 di Cimenerang, Gede Bage Kota Bandung, Jawa Barat. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Sertifikasi pembimbing manasik ibadah haji dan umrah profesional ke-30 digelar selama satu pekan pada 15-22 Januari 2024 di Cimenerang, Gede Bage Kota Bandung, Jawa Barat.

Pelatihan ini diselenggarakan Lembaga Dakwah PBNU bekerjasama dengan Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, serta Kanwil Kemenag Jawa Barat.



Sekretaris Lembaga Dakwah PBNU, Nurul Badruttamam menjelaskan bahwa penyelenggaraan ibadah haji pada 2024 merupakan penyelenggaraan haji dengan kuota terbesar sepanjang sejarah dengan kisaran 241.000 jemaah.



"Dengan bertambahnya jumlah jemaah tentu tanggung jawab sebagai pembimbing juga semakin berat," kata Nurul dalam keterangannya pada Rabu (17/1/2024).

Dia menyampaikan bahwa tugas dan tanggungjawab pembimbing haji sangat menentukan. Sehingga pembimbingnya pun harus kompeten dan profesional.

"Sertifikasi diharapkan menjadikan peningkatan kualitas pelayanan haji, ke depan pembimbing bukan hanya melakukan bimbingan proses peribadahan tapi juga memiliki peran krusial dalam memastikan keamanan, kesehatan, dan kenyamanan jemaah selama perjalanan ke tanah suci," tutur Nurul.



Oleh karena itu. pembimbing haji haruslah individu yang memiliki penguasaan terhadap aspek teknis profesional.

"Para pembimbing haji harus menjadi teladan dalam berlaku dan bertindak di tanah suci dan tentunya berlaku profesional dengan melayani sepenuh hati," tegasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 115 peserta yang terdiri dari berbagai daerah di Indonesia, dan dari utusan Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Persis, dan Parmusi.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2587 seconds (0.1#10.140)