Fasilitas Boiler Biomassa Pertama Dibangun di Jateng

Rabu, 28 April 2021 - 00:11 WIB
loading...
Fasilitas Boiler Biomassa Pertama Dibangun di Jateng
Peletakan batu pertama pembanggunan fasilitas boiler biomassa di Klaten, Jawa Tengah untuk mengurangi jejak karbon. Foto/Ist
A A A
KLATEN - Fasilitas boiler biomassa pertama mulai dibangun di Klaten , Jawa Tengah untuk mengurangi jejak karbon dan menjaga lingkungan hidup. Penggunaan boiler biomassa ini akan menurunkan jejak karbon sebesar 8.300 ton CO2 per tahun atau setara dengan jejak karbon yang diserap melalui penanaman 120.000 pohon. Sehingga dapat mengurangi 32% jejak karbon.

Baca juga: Diduga Gunakan Peralatan Bekas, Layanan Rapid Test di Bandara Kualanamu Digerebek Polisi

Peletakan batu pertama fasilitas boiler biomassa dilakukan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Klaten, Agus Suprapto dan Operation Director Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia, Azmin Hasmat di Pabrik Sarihusada Prambanan, Klaten.

Baca juga: Pelajar MTs di Klaten Tewas Usai Pamit Latihan Silat, Polres Klaten Tetapkan 6 Tersangka

Boiler biomassa ini merupakan teknologi ramah lingkungan, karena energi yang dihasilkan berasal dari sumber alami yang dapat diperbarui. Di antaranya berupa unsur biologis seperti organisme mati ataupun tanaman hidup seperti sekam padi, tonggol jagung, cangkang kelapa, limbah pertanian, limbah pengolahan kayu maupun limbah industri.

Azmin Hasmat mengatakan bahwa upaya ini dilakukan sebagai kontribusi untuk mengurangi dampak perubahan iklim. “Kami berkomitmen untuk merealisasikan sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan bauran energi terbarukan sebesar 23 persen pada 2025," katanya dikutip Selasa (27/4/2021).

Sementara Agus Suparto menyambut baik atas langkah maju menuju perbaikan yang telah dilakukan ini. "Operasional perusahaan yang berwawasan lingkungan patut diapresiasi, saya berharap pembangunan berbasis ilmu pengetahuan bisa meningkatkan daya saing dan memberi manfaat buat masyarakat Klaten," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)