Awas! Ada Limbah Medis Dibiarkan Berserakan di TPA Ciniru Kuningan

Selasa, 27 April 2021 - 13:19 WIB
loading...
Awas! Ada Limbah Medis Dibiarkan Berserakan di TPA Ciniru Kuningan
Limbah bekas penanganan medis dari rumah sakit ditemukan berserakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Ciniru, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan
A A A
KUNINGAN - Limbah bekas penanganan medis dari rumah sakit ditemukan berserakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Ciniru, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Temuan bekas limbah medis itu berdasarkan hasil penelurusan MNC Portal Indonesia di TPA Ciniru pada Selasa (27/4/2021) pagi. Bedasarkan pengamatan, limbah kategori B3 itu berserakan di sejumlah titik.

Titik pertama misalnya, bekas limbah medis itu berada di pinggir jalan pintu masuk TPA Ciniru yang terdiri dari sarung tangan, masker, kantong infus, kardus obat dan tempat bekas jarum suntik.

Baca juga: Bandar Besar Obat Terlarang Dibekuk Aparat Polres Kuningan

Tak hanya disitu, bekas limbah medis juga ditemukan beberapa meter dari titik pertama. Hanya saja, bekas limbah medis itu tak sebanyak seperti temuan awal. Di titik kedua bekas limbah medis itu hanya masker dan bekas kardus obat.

Kemudian bekas limbah medis itu juga ditemukan dekat tempat pemerataan sampah rumah tangga. Di situ, diakui salah satu pemulug, Saniah (65) juga kerap ditemukan bekas limbah medis.

"Ada, kan memang diturunin (dibuang) disini. Kalau turun lima kontener (mobil truk box), gak nentu, biasanya pagi kadang siang," kata Saniah ketika ditemui MNC Portal Indonesia.

Baca juga: Gempar! Seekor Kambing di Aceh Selatan Melahirkan Bayi Menyerupai Wajah Manusia

Bekas limbah medis yang dibuang di TPA Ciniru itu, kata Saniah, terdiri dari bekas botol infus, jarum suntik, sarung tangan, masker dan bekas kardus obat. Limbah medis itu bercampur dengan sampah rumah tangga.

"Ada disini karena dibuang di sini, gak tau kalau gak melibatkan pihak ketiga (pengelolan bekas limbah medis), kadang jarum suntik juga ada, kalau turun ya di sini," kata Saniah sambil menunjuk ke arah bongkaran mobil.

Saniah mengaku tidak mengetahui secara pasti apakah bekas limbah medis itu, merupakan bekas penanganan Covid-19. "Gak tahu, tapi memang limbah-limbah medis itu dibuang di sini, udah lama," kata dia
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2202 seconds (0.1#10.140)