Gubernur Jakarta Anies Baswedan Panen Raya Padi di Cilacap

Jum'at, 16 April 2021 - 19:08 WIB
loading...
Gubernur Jakarta Anies Baswedan Panen Raya Padi di Cilacap
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan panen raya padi pada lahan seluas 50 hektare di Desa Jenang, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (16/4/2021). (Ist)
A A A
CILACAP - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan panen raya padi pada lahan seluas 50 hektare di Desa Jenang, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (16/4/2021).

Hadir mendampingi Anies Baswedan , Bupati Kabupaten Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. Acara panen raya tersebut merupakan lanjutan dari kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya dengan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Sumber Makmur Pemkab Cilacap.

Panen bersama juga turut dihadiri oleh Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo, para Pejabat pemprov DKI Jakarta dan Pemkab Cilacap, jajaran Forkopimda Kabupaten Cilacap, Ketua Gapoktan Sumber Makmur Sahroni, serta rombongan Bank Indonesia.

Sebelum turun langsung untuk melakukan panen raya padi, Bupati Tatto Suwarto Pamuji bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemkab Cilacap yang berisi tentang Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Percepatan Pemenuhan Pelayanan Publik.

Kerja sama itu dalam rangka memastikan ketersediaan pasokan beras bagi warga Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan apresiasi terhadap sambutan hangat warga Cilacap dalam kunjungan kerja tersebut.

Dia berharap agar gotong royong memajukan bangsa dapat terus dilakukan melalui kerja antar pemerintah dan kerja antar masyarakat.

“Kami hadir di Cilacap dengan rasa syukur karena sebuah ikhtiar kerja bersama yang sudah dirintis sejak tahun 2018 secara bertahap mengalami peningkatan dan penguatan. InsyaAllah kolaborasi akan kita perluas tidak hanya di aspek ini saja namun juga di aspek-aspek yang lain,” katanya.

Gubernur Anies menambahkan, dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat memotong mata rantai tata niaga beras baik untuk masyarakat Jakarta maupun untuk masyarakat Cilacap.

“Karena jika mata rantai terlalu panjang maka keduanya tidak diuntungkan. Maka dengan memotong mata rantai ini, bisa membuat masyarakat Jakarta memiliki beras harga terjangkau dan yang lebih penting para petani di Cilacap mengalami peningkatan kesejahteraan,” jelasnya. Baca: Miris, Belum Genap Empat Bulan Sudah 16 Warga Gunungkidul Bunuh Diri.

Bupati Kabupaten Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berterimakasih terhadap kepercayaan yang diberikan kepada Pemkab Cilacap sebagai pemasok beras Pemprov DKI Jakarta.

Dia berharap dengan adanya kolaborasi ini nantinya bukan hanya kerjasama masalah perdagangan tetapi juga kerjasama tentang persiapan bagi para generasi penerus untuk tetap dapat memajukan para petani. Baca: Polisi Amankan Puluhan Botol Miras Berbagai Merk di Jambi.

“Cita-cita kita adalah agar petani-petani ini tidak tertinggal, tidak hanya menjadi buruh tani tetapi bagaimana generasi masa depan dapat menjadi petani handal dengan lebih maju sehingga petani juga dapat handal dalam bidang tekhnologi pertanian. Jadi ini merupakan tantangan juga bagi kita agar dapat terus mensejahterakan para petani di Cilacap," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)