Jumlah Entrepreneur di Jawa Timur Hanya 1,2 Persen

loading...
Jumlah Entrepreneur di Jawa Timur Hanya 1,2 Persen
ilustrasi
SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendorong anak muda berwirausaha . Salah satunya melalui Pemuda Wirausaha (Perwira) yang menjadi kawah candradimuka untuk menciptakan wirausahawan atau entrepreneur muda di Jatim.

Emil menjelaskan, Perwira merupakan elemen dan komunitas pemuda yang menyelenggarakan proses inkubasi untuk menciptakan entrepreneur muda. Apalagi berdasarkan data entrepreneur di Indonesia masih 3%. Sedang di Jatim sendiri masih 1,2% dari total jumlah penduduk.

Baca juga: Hore...! Biaya Operasional RT dan RW di Surabaya Naik 100 Persen

"Langkah yang dilakukan Perwira sejalan dengan Pemprov Jatim yang ingin terus membangun ekosistem untuk mensupport generasi muda dalam menjawab realita dan masa depan. Diantaranya, bonus demografi di Jatim ditambah perubahan lapangan pekerjaan membuat peluang kerja lebih banyak untuk berwirausaha," katanya, Kamis (8/4/2021).

Pada kesempatan yang sama, Emil mengatakan, Pemprov Jatim mengembangkan Milenial Job Center (MJC). MJC memberikan peluang bagi generasi muda untuk meningkatkan kemampuannya di era digital 4.0.



Baca juga: Transaksi Layanan Keuangan Digital di Jawa Timur Meroket Selama Pandemi

“Jatim ini daerah yang sangat padat butuh generasi muda yang bergerak di entrepreneur untuk menyerap banyak tenaga kerja dan scale up ekonomi di Jatim. Jatim membangun ekosistemnya lewat MJC,” katanya.

Berdasarkan data Global Entrepreneurship Index 2018, dari 137 negara, Indonesia berada di peringkat 94 dalam hal kewirausahaan. Posisi tersebut tertinggal disbanding beberapa negara di Asia Tenggara lainnya. Semisal, Vietnam berada di urutan ke 87, Filipina di posisi 76, Thailand di 71, Malaysia peringkat 58, Brunei Darussalam di 53, serta Singapura berada di urutan ke-27.

Sementara itu, Ketua Panitia Perwira 2021 Nuryadi berharap, Perwira menjadi sebuah ekosistem entrepreneurship anak muda, sekaligus sebagai komunitas yang memberikan solusi kewirausahaan.

“Banyak anak muda yang tercebur di entrepreneur tetapi tidak tahu mulai dari mana, journey-nya seperti apa. Dengan Perwira ini diharapkan jadi komunitas yang di dalamnya bisa ketemu advisor, mentor, dicarikan pasar, dicarikan modal, dan diberikan arahan-arahan,” tandasnya.



Sebagaimana diketahui, Kompetisi Perwira ini akan dibuka secara online untuk 8 kabupaten/kota di Jatim. Diantaranya, Surabaya, Malang, Gresik, Pamekasan, Bojonegoro, Ngawi, Madiun, dan Jember. Dari semua pendaftar, nantinya akan diseleksi menjadi 20 orang yang akan mengikuti inkubasi. Yakni mengikuti Grand Final dan diseleksi menjadi 12 orang.
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top