Napak Jagat Pasundan (NJP) 2021 Miang Tandang Angkat Kearifan Lokal Jawa Barat

Rabu, 07 April 2021 - 11:59 WIB
loading...
Napak Jagat Pasundan (NJP) 2021 Miang Tandang Angkat Kearifan Lokal Jawa Barat
Napak Jagat Pasundan (NJP) 2021 Miang Tandang Angkat Kearifan Lokal Jawa Barat
A A A
BANDUNG - Coklat Kita tahun ini kembali menghadirkan Napak Jagat Pasundan (NJP) virtual 2021, dengan mengusung konsep berbeda dari tahun sebelumnya. Di mana, pertunjukan budaya ini akan lebih banyak mengusung kearifan lokal Sunda yang mulai terlupakan.

Napak Jagat Pasundan (NJP) 2021 Miang Tandang Angkat Kearifan Lokal Jawa Barat


Mengusung tema “Miang Tandang”, sebuah refleksi akan kondisi saat ini, dimana mengajak para pelaku seni, budaya, dan masyarakat tetap berkarya kendati masih dihadapkan pada kondisi pandemi Covid-19. Tema ini diharapkan dapat mengulang kesuksesan dari Pojok NJP Ngubaran “Ngaguar Budaya Urang” tahun lalu.

"Kita harus maju dan bergerak untuk tampil. Tidak boleh terpuruk dengan keadaan sekarang, harus tetap berkarya dan menunjukkan kreativitas kita," kata perwakilan Coklat Kita Andri Yuliandri saat press conference di Saung Angklung Udjo, Jalan Padasuka, Kota Bandung, Selasa (6/4/2021).

Menurut dia, NJP Miang Tandang akan menyuguhkan tontonan berbeda dari NJP sebelumnya. NJP tahun ini akan lebih banyak mengangkat kearifan lokal yang dimiliki Jawa Barat. Kearifan lokal tersebut, tak terbatas pada seni dan budaya saja, tetapi juga kearifan lokal lainnya seperti kuliner, wisata, dan kekhasan lainnya.

Kendati begitu, NJP Miang Tandang Ini tetap menghadirkan latar belakang Sanggar Napak Jagat Pasundan yang dimiliki oleh mang Junjun dengan Alo Prima Ramadhan dan Reva Widi. Selain itu dihadirkan sahabat Mang Junjun yang membantunya mengurus sanggar selama berkeliling Jawa Barat menggali kearifan lokal. Mereka yaitu Cepot Dalang Bhatara Sena Sunandar Sunarya Palon Giri Harja 3, dan Yogaswara Sunandar Giri Harja 3 Putra.

Dihadirkan juga asisten rumah tangga yang diperankan oleh Ceu Popon, dan tukang kebun serta Hansip yang diperankan oleh Aman dan Amin serta tetap menampilkan sanggar atau paguron atau lingkung seni daerah di Jawa Barat.

"Dengan pengembangan ini, nantinya setiap episode dibagi menjadi tiga tayangan dan ditayangkan setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu selama 30 menit. Tayangan akan dimulai pertengahan April ini hingga bulan September 2021," tutur Andri.

Menurut Perwakilan Event Organizer dari Enam CC Agus Pryoga, tahun ini NJP menghadirkan beberapa bintang tamu seperti Mansur Angklung, Edi Brokoli, Ronal Surapradja, Risa Saraswati, Asep Baton dan Fiksi serta bintang tamu lainnya. Mereka akan didampingi oleh narasumber Kasundaan seperti Budi Dalton, Uli Suparli dan Robby Maulana Zulkarnaen.

"Sebagai pengembangan konten acara, NIP Miang Tandang juga menambahkan dua konten tambahan, yaitu Ngadubako dan kamonesan bersama sanggar atau paguron seni di daerah, dengan mendatangkan Duta Napak Jagat Pasundan," kata dia.

Duta Napak Jagat Pasundan bakal menghadirkan Ega Robot, Mpap Gondo, Iman Jimbot, dan Bob Ryan. Acara juga mendatangkan duta Motivator seperti Doel Sumbang, Neng Sandrina, Mang Ohang, dan Mang Saswi.

Selain itu, mengundang juga konten flog kearifan lokal Jawa Barat yang dipandu oleh Mr. Jun dan Aep Bancet yang mengangkat tentang kuliner Khas, cagar budaya dan lainnya. "Kami juga menghadirkan sanggar baru yang sebelumnya belum pernah terlibat pada NJP, " ucap dia.

Agus mengaku, tahun ini NJP tetap mengusung konsep virtual dengan sistem pengambilan gambar secara tapping. Hasil rekaman akan ditayangkan di chanel Youtube Napak Jagat Pasundan Official. Tontotan disuguhkan virtual mengingat kondisi Indonesia masih pandemi. Namun dipastikan jumlah penonton bakal lebih banyak karena bisa diakses dari berbagai penjuru negeri.

"Memang dengan virtual ada bedanya. Tapi secara impac, ini luar biasa. Biasanya hanya hadir per daerah, tapi dengan virtual, seluruh Indonesia bisa menikmati. Tahun ini, kami beinteraksi dengan penonton, lewat live chat di Youtube," ujar dia.

Napak Jagat Pasundan (NJP) 2021 Miang Tandang Angkat Kearifan Lokal Jawa Barat


Sementara itu, Duta Motivator NJP Neng Sandrina mengaku bersyukur bisa terlibat pada Coklat Kita NJP 2021. Melalui wadah ini, dia bisa sharing dan berbagi pengalaman dengan banyak sanggar di Jawa Barat.

"Dampak sosial media sangat besar, makanya saya selalu bikin konten yang mengangkat budaya dan kearifan lokal Sunda. Setidaknya ikut promosikan budaya kita kepada generasi muda saat ini," tutur Sandrina yang dibesarkan oleh media sosial itu.

Ega Robot juga menimpali, bahwa NJP ini adalah sarana untuk mengangkat seni dan budaya Sunda yang jumlahnya cukup banyak. Melalui media ini, diharapkan kekayaan seni dan budaya Sunda bisa didokumentasikan dan diperkenalkan kepada generasi muda saat ini dan yang akan datang.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2727 seconds (0.1#10.140)