Mentan: Pemerintah Susun Skema Serapan Gabah Agar Lebih Maksimal

Jum'at, 02 April 2021 - 19:55 WIB
loading...
Mentan: Pemerintah Susun Skema Serapan Gabah Agar Lebih Maksimal
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengendarai Combine saat panen raya di Karawang. Foto SINDOnews
A A A
KARAWANG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pemerintah sedang menyusun skema penyerapan gabah dengan melibatkan instansi terkait agar bekerja sama untuk menstabilkan harga. Skema penyerapan diperlukan untuk menstabilkan harga gabah ditingkat petani, terutama saat terjadi panen raya.

"Nantinya Bulog, dan seluruh kelompok penggilingan padi, perbankan dan Dirjen Ketahanan Pangan bekerjasama. Harapannya bisa menstabilkan harga dan serapan di tingkat petani," kata Yasin Limpo saat berkunjung ke Karawang, Jumat (2/4/21).

Menurut Yasin, pemerintah tidak bisa melakukan penyerapan gabah secara menyeluruh karena keterbatasan. Namun untuk wilayah yang strategis seperti Karawang yang menjadi lumbung padi nasional akan mendapat prioritas penyerapan gabah pemerintah. Bahkan Karawang akan menjadi percontohan atau model ke depannya.

Yasin mengatakan, dalam sebulan ini saja ada 4,1 juta ton gabah yang akan dipanen. Serapan gabah oleh pemerintah harus maksimal untuk menjaga stabilitas harga. "Iya serapannya harus maksimal karena sedang panen raya, " katanya.

Menurut Yasin, pemerintah daerah harus melakukan gerakan di lapangan dan menggerakan kostraling hingga tingkat kecamatan. Semua pihak bergerak di masing-masing tingkatan. " Pertanian kita itu dinamis sehingga semua pihak harus turun tangan dan bekerjasama. " katanya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3469 seconds (0.1#10.140)