Bandara Husein Bandung Mulai Gunakan GeNose, PT KAI Pastikan Berlaku Satu Hari

Kamis, 01 April 2021 - 16:36 WIB
loading...
Bandara Husein Bandung Mulai Gunakan GeNose, PT KAI Pastikan Berlaku Satu Hari
Pemeriksaan GeNose di Stasiun Kereta Api Daop 2 Bandung. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Bandara Husein Sastranegara Bandung mulai hari ini memberlakukan screening COVID-19 menggunakan GeNose C19 seharga Rp40.000 per orang. Selain bandara Bandung, juga ada tiga bandara lainnya yang menegakkan layanan tersebut.

Baca juga: Digugat Pailit, AP II Pastikan Aktivitas Bandara Husein Bandung Tak Terganggu

Untuk pelayanan GeNose C19 di Husein Bandung, PT Angkasa Pura 2 telah menyediakan empat bilik. Bilik tersebut akan melayani ratusan penumpang dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: GeNose Diterapkan di 4 Bandara, Menhub: Alhamdulillah

"Ketentuannya kami atur agar tidak terjadi antrean saat pemeriksaan GeNose," kata GM Angkasa Pura 2 Husein Sastranegara Bandung R Iwan Winaya Mahdar.



Sebelumnya, pihaknya telah melaksanakan trial di Bandara Husein Sastranegara mengunakan 4 unit alat Genose C19. Uji coba dimulai 22 April 2021 dan hasil pemeriksaan GeNose C19 hanya untuk diberikan secara digital.

Sementara itu, mulai hari ini, PT KAI juga melakukan perubahan atas penggunaan GeNose. Di mana, pelanggan KA Jarak Jauh yang menggunakan hasil pemeriksaan GeNose C19 sebagai syarat perjalanan, diharuskan menunjukkan hasil negatif pemeriksaan GeNose C19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Ini berbeda dengan sebelumnya, dimana GeNose C29 bisa berlaku hingga 3 hari. Sedangkan untuk hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen, pengambilan sampelnya tetap maksimal 3 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

"Aturan tersebut berlaku mulai 1 April 2021. Perubahan aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 No 12 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 27 Tahun 2021," beber Manager Humasda Daop 2 Bandung, Kuswardoyo.

Dia mengatakan, bahwa saat ini KAI Daop 2 telah menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 seharga Rp30.000 di 4 stasiun yaitu Stasiun Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya dan Banjar.

Untuk menggunakan layanan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum dilakukan pemeriksaan. Pada saat pelaksanaan calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

Di samping itu, Daop 2 juga masih menyediakan rapid test antigen seharga Rp105.000 di 4 stasiun yakni Stasiun Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya dan Banjar.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9054 seconds (0.1#10.140)