Dukung Program Ridwan Kamil, Hipmi Jabar Himpun Offtaker Serap Produk Petani Milenial

Selasa, 30 Maret 2021 - 18:11 WIB
loading...
A A A
"Ada dua cara untuk mengakses program ini. Pertama (petani) bisa menghubungi offtaker yang sudah tergabung di Hipmi Jabar atau bisa jga bergabung dengan program petani milenialnya Pemprov Jabar. Dari situ pun nanti akan larinya salah satu oftekernya di Hipmi Jabar juga," katanya.

Sementara itu, Divisi Kredit UMKM Bank BJB, Denny Mulyadi mengatakan, kerja sama yang dibangun pihaknya bersama Hipmi Jabar menjadi solusi bagi petani dan masyarakat yang bergerak di sektor agrikultur, agar memiliki kepastian saat memulai atau meningkatkan produksinya.

"Lewat program ini, hasil produksi bisa diserap dan dijual dengan harga yang stabil, termasuk pada saat kondisi hasil panen melimpah," katanya.

Pihaknya sendiri sudah menyiapkan dana hingga Rp1,1 triliun lewat pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) guna mendukung program pengembangan pertanian di Jabar, termasuk membiayai offtaker dalam menyerap produk-produk agrikultur.

Disinggung mekanismenya, Denny menjelaskan, Bank BJB akan memberikan pembiayaan untuk membiayai kebutuhan sektor agrikultur. Namun, petani ataupun peternak tidak akan menerima uang tunai. Pencairan modal tersebut akan masuk ke dalam rekening petani dan nantinya dipindahkan ke dalam rekening offtaker.

"Petani dan peternak ini nantinya akan menerima benih, menerima pupuk maupun pendampingan atau infrastruktur serta sarana produksinya. Saat hasil panen dibeli offtaker, maka uangnya masuk ke rekening para petani. Baru dari situ, petani dipotong untuk angsurannya. Offtaker juga dimungkinkan dibiayai saat panen raya karena hasil tani atau ternak harus dibeli kontan," jelasnya.

Masih di tempat yang sama, Kepala Biro (Kabiro) Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Jabar, Benny Bachtiar mendukung program yang dijalin Hipmi Jabar dan Bank BJB tersebut. Pasalnya, kata dia, salah satu permasalahan sektor agrikultur adalah petani yang kerap kebingungan menjual produknya.

"Hal ini menjadi hambatan bagi para petani untuk mendapatkan keuntungan, mereka hanya bisa pasrah menjual produknya dengan harga murah," ungkapnya.

Oleh karenanya, dia menilai, program program 100 Offtaker yang digagas Hipmi Jabar bidang menjadi solusi. Apalagi, program ini bisa bersinergi dengan program Petani Milenial yang digagas Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

"Teman-teman (offtaker dari Hipmi) inilah yang diharapkan menjadi jembatannya. Jadi kita berharap ada kolaborasi antara pengusaha, dalam hal ini Hipmi dengan para petani. Ini bisa memberikan kontribusi positif kepada saudara-saudara petani supaya mereka bisa hidup sejahtera," kata Benny.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)