Kesiapan Pinrang Mulai Diverifikasi Jelang Kabupaten Sehat

Sabtu, 20 Maret 2021 - 08:03 WIB
loading...
Kesiapan Pinrang Mulai Diverifikasi Jelang Kabupaten Sehat
Pemkab Pinrang mulai diverifikasi jelang penetapan status Kabupaten Sehat. Foto: Istimewa
A A A
PINRANG - Kesiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang , jelang penetapan status Kabupaten Sehat di tingkat Provinsi Sulsel mulai diverifikasi.

Itu ditandai dengan hadirnya tim Verifikasi Kabupaten Kota Sehat (KKS) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, tim tehnis verifikasi KKS yang dipimpin Muslim Rasyid selaku Ketua Tim tiba di Pinrang, Jumat (19/03/2021).

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Rhommy Reynald Macley Manule mengatakan, kedatangan tim verifikasi KKS Tingkat Sulsel, disambut Sekda Pinrang , Andi Budaya Hamid, didampingi Ketua Forum KKS Pinrang, Sri Widiyati Irwan, di lantor Bapelitbangda Pinrang.



"Tim verifikasi KKS Sulsel, akan berada di Pinrang selama beberapa hari guna melakukan verifikasi," katanya.

Sementara Ketua Tim Verifikasi Sulsel, Muslimin Rasyid mengatakan, Pinrang menjadi daerah keenam di Sulsel yang dikunjungi pihaknya, untuk melakukan verifikasi dokumen sesuai 7 (tujuh) tatanan yang dipersyaratkan.

Dokumen yang dimaksud, kata Muslim, diantaranya tatanan permukiman sarana dan prasarana sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, tatanan kawasan pariwisata sehat , tatanan ketahanan ketahanan pangan dan gizi, tatanan kawasan tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, tatanan kehidupan sosial yang sehat dan tatanan kawasan industri dan perkantoran sehat.

Kabupaten Sehat , kata Muslim lagi, indikator kinerja pemerintah daerah dalam pembangunan. Pinrang sendiri, dalam tiga tahun berturut-turut, berhasil meraih predikat Swasti Saba Wistara sebagai kabupaten Sehat. Pinrang bahkan mampu menembus rating ke 20 kabupaten terbaik se-Indonesia.

Untuk menuju pencapaian Wistara Keempat di Tahun 2021 ini, Tim Teknis Verifikasi KKS Sulsel mempersyaratkan pada verifikasi dokumen, selain tujuh indikator pokok, dijelaskan tentang indikator tambahan dalam penyelengaaraan dan penanganan Covid-19 di Pinrang.



Sekda Pinrang, Andi Budaya mengatakan, mesti telah tiga kali meraih prestasi sebagai kabupaten sehat , hingga meraih Swasti Saba Wistara yang merupakan predikat kategori tertinggi dalam penilaian Kabupaten Sehat, tidak serta merta membuat kita berpuas diri. "Harus lebih kita tingkatkan lagi prestasi yang telah diraih," tandasnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)