Warga yang Terlanjur Mudik Diminta Disiplin Lakukan Karantina Mandiri

Sabtu, 18 April 2020 - 14:03 WIB
loading...
Warga yang Terlanjur Mudik Diminta Disiplin Lakukan Karantina Mandiri
Bupati Lutra Indah Putri Indriani membagikan masker kepada warga, beberapa waktu lalu. Foto/Istimewa
A A A
MASAMBA - Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani, meminta warga yang terlanjur pulang kampung alias mudik agar disiplin melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing. Hal itu penting sebagai upaya menekan penyebaran virus corona alias covid-19.

“Sekolah sudah sebulan lebih diliburkan. Sekarang yang bisa kita lakukan adalah memastikan masing-masing keluarga yang anaknya telanjur pulang kampung untuk disiplin melakukan karantina mandiri," pesan IDP-sapaan akrabnya, Sabtu (18/4/2020).

Untuk itu, Bupati Lutra juga berharap para tetangga sekitarnya juga menjadi bagian dalam memastikan mereka melakukan karantina mandiri. “Kalau mau jujur, mungkin banyak yang pulang kampung dan mungkin tidak melaporkan diri dan melakukan karantina mandiri,” terang dia.

Ia pun berharap semua warga yang sudah pulang kampung untuk senantiasa menaati apa yang dianjurkan pemerintah. “Kalau masih saja keluarga tidak mau mengikuti semua anjuran pemerintah, pastikan keluarga yang di luar daerah untuk tidak pulang dulu,” imbuhnya.

Adanya permintaan warga agar setiap pemudik melakukan karantina mandiri di BLK Tanalili, kata IDP, kurang optimal karena kapasitas terbatas. “BLK Tanalili itu kapasitasnya sangat terbatas. Ini juga salah satu alasan pemerintah mengimbau untuk tidak mudik dulu,” jelas dia.

Bupati Indah sendiri diketahui sudah menginstruksikan masing-masing desa untuk membuat relawan covid-19 dan rumah isolasi mandiri di seluruh desa. Untuk anggarannya bisa memanfaatkan dana desa.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)