Pantau Arus Balik di GT Kalikangkung, Ini yang Dilakukan Kapolda Jateng

Minggu, 16 Mei 2021 - 15:18 WIB
loading...
Pantau Arus Balik di GT Kalikangkung, Ini yang Dilakukan Kapolda Jateng
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menempelkan stiker biru ke kendaraan pemudik yang memenuhi syarat pemeriksaan di GT Kalikangkung Semarang. (Istimewa)
A A A
SEMARANG - Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi kembali melakukan pengecekan kesiapan anggota dalam pemeriksaan arus balik di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung, Minggu (16/5/2021). Penyekatan dilakukan di 14 titik Pos Pengamanan Terpadu.Dalam pengecekan tersebut, Kapolda tampak didampingi Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar dan Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Sigit.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan bahwa jajaran Polda Jateng selama kegiatan penyekatan di 14 titik Pos pengamanan terpadu sudah memutar balikkan kendaraan sebanyak 11.750 kendaraan.

"Bahkan kita sudah periksa kendaraan yang memasuki wilayah Jateng sebanyak 43.000 kendaraan, yang sudah kita periksa pada saat arus mudik," kata Kapolda.

Dia mengatakan, dari 11.750 yang sudah diputar balikkan itu, terdiri dari Jawa Barat ke Jawa Tengah sebanyak 7.000 kendaraan. Sedangkan dari Jatim ke Jateng Sebanyak 6.000 kendaraan dan 5000 kendaraan dari DIY ke Jateng. "Hari ini kita tidak melakukan penyekatan terhadap kendaraan arus mudik, tetapi melakukan pemeriksaan terhadap arus balik," katanya.

Pemeriksaan yang dilakukan ini, kata dia, bekerja sama dengan Satgas Covid provinsi dan Pemkot Semarang, dengan melakukan pemeriksaan kendaraan yang akan meninggalkan Provinsi Jawa Tengah di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung ini.

"Dengan catatan, apabila masyarakat kita tidak dilengkapi dengan surat surat administrasi, seperti dokumen Surat Swab, SIKM, KTP di Pos Kalikangkung, maka akan kita lakukan swab test antigen di Pos Kalikangkung ini," ujar jenderal bintang dua ini.

Menurutnya, jika dalam tes swab terbukti reaktif, maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat. Namun jika terbukti negatif, akan diberikan surat keterangan dan akan ditempeli stiker untuk memastikan yang bersangkutan berhak melakukan perjalanan.

"Kita sudah lakukan ini, terhitung hari ini dan kemarin sudah 7.000 yang sudah kita lakukan pemeriksaan. Dan Ditlantas Polda Jawa Tengah sudah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya, terkait cara yang kita lakukan ini," katanya.

Dia mengatakan, Pos Terpadu Kalikangkung juga menyiapkan swab test antigen gratis bagi pemudik yang keluar dari Jawa Tengah. Kemudian kendaraan yang akan balik akan diberi tanda stiker biru setelah pemeriksaan dinyatakan lengkap. "Selain itu, ada 18 rest area yang sudah kita siapkan PPKM Mikro. Kita juga siapkan swab test antigen serta memberikan himbauan kepada mereka," ujarnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3068 seconds (0.1#10.140)