Selama PSBB, Boleh Adzan di Masjid dan Bunyikan Lonceng Gereja

Sabtu, 18 April 2020 - 10:55 WIB
loading...
Selama PSBB, Boleh Adzan di Masjid dan Bunyikan Lonceng Gereja
Selama PSBB tempat ibadah ditutup sementara namun dibolehkan memutar adzan di Masjid dan membunyikan lonceng di Gereja. Foto : SINDOnews/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Makassar, Ismail Hajiali mengungkap sejumlah point penting penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Makassar.

Kata Dia, rancangan Peraturan Wali Kota Makassar yang sedang di godok itu berisi sejumlah hal diantaranya, penutupan sekolah dan siswa diminta belajar dari rumah, proses bekerja dibatasi dan diganti bekerja di rumah, tempat ibadah ditutup sementara namun dibolehkan memutar adzan di Masjid dan membunyikan lonceng di Gereja.

Selanjutnya penghentian sementara aktivitas penduduk di tempat atau fasilitas umum dengan audiens di atas lima orang, penghentian sementara aktivitas sosial budaya yang menimbulkan kerumunan orang, pembatasan penggunaan moda transportasi untuk pergerakan orang dan barang. Warga yang beraktivitas di luar rumah wajib menggunakan masker.

“Untuk moda transportasi, semua moda baik udara, darat dan laut, baik sifatnya umum dan pribadi tetap berjalan dengan pembatasan jumlah penumpang hanya 50 persen. Menerapkan jarak aman antar penumpang. Kendaraan roda dua baik umum dan pribadi dilarang membawa penumpang selain barang," jelasnya.

Menurut Ismail kesemua aturan pembatasan itu, terdapat pengecualian untuk aktivitas pekerjaan pemenuhan kebutuhan pokok, baik itu penyediaan, pengolahan maupun pengiriman. “Juga dikecualikan untuk aktivitas pekerjaan di sektor kesehatan, energi, komunikasi dan teknologi informasi, media cetak dan elektronik maupun online, keuangan, perbankan dan sistem pembayaran, logistik, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar, utilitas publik dan industri yang ditetapkan sebagai obyek vital nasional dan obyek tertentu” ujarnya.

Sementara itu untuk fasilitas umum pemenuhan kebutuhan dasar sehari hari menurut Ismail tetap dinyatakan dibuka. “Pelanggaran terhadap pelaksanaan PSBB akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, termasuk sanksi administrasi dan sanksi pidana” pungkasnya.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6229 seconds (0.1#10.140)