Kisah Kampung Jepang di Batubara, Bukti Penaklukan Dai Nippon Atas Belanda di Sumatera

Sabtu, 27 Februari 2021 - 05:00 WIB
loading...
Kisah Kampung Jepang di Batubara, Bukti Penaklukan Dai Nippon Atas Belanda  di Sumatera
Bupati Batubara Ir.H.Zahir MAP didampingi istri meresmikan Pantai Sejarah menjadi Kampung Jepang, di Desa Perupuk, Kecamatan Limapuluh Pesisir, Batubara. Foto/Istimewa
A A A
BATUBARA - Sinar mentari begitu menyengat. Hembusan angin pantai pesisir Selat Malaka belum mampu meredakan hawa panas yang menerpa kulit saat menjajal jejak sejarah pendaratan tentara Jepang (Dai Nippon) pada perang dunia ke-2 tahun 1942 masuk ke Pulau Sumatera.

Dari sinilah sehingga daerah ini dinamai Pantai Sejarah, tepatnya di Desa Perupuk, Kecamatan Limapuluh Pesisir, Kabupaten Batubara. Untuk mencapai Pantai Sejarah yang kini dijuluki Kampung Jepang, tidaklah sulit.

Hanya dibutuhkan waktu sekira 30 menit menggunakan roda dua atau mobil pribadi melintasi perkampungan warga.
Sejarawan yang juga Dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr.Ichwan Azhari, pantai sejarah atau Kampung Jepang dapat dibuktikan dengan adanya 7 bunker tentara jepang.

Ini membuktikan Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) merupakan wilayah strategis sebagai pusat ekspansi milter dan pusat perdagangan pada perang dunia ke-2 wilayah Sumatra.

Data intelijen Jepang memperlihatkan pantai Tanjung Tiram, Batubara, cukup dalam untuk bersandarnya kapal perang besar untuk menurunkan pasukan ke pantai.

Tentara Jepang berhasil merampas kapal Belanda yaitu Van Waewirjk buatan tahun 1910 berbobot 3000 ton, yang kemudian berganti bendera Jepang dengan sebutan Harukiku Maru.


Kapal Harikuku Maru kemudian digunakan membawa karet dan hasil bumi Batubara untuk diekspor ke Jepang. Kapal ini akhirnya diterpedo kapal selam sekutu bernama HMS Truculent pada 22 Juni 1944.

Berdasarkan penelitian Balai Aerkeolog Sumut, bangkai kapal ini masih di perairan Tanjung Tiram. Cerita warga, pembangunan bunker ini tentara Jepang banyak mempekerjakan warga asal Jawa yang dipaksa kerja rodi.

Kisah Kampung Jepang di Batubara, Bukti Penaklukan Dai Nippon Atas Belanda di Sumatera


Baca juga: Kisah Kejayaan Majapahit dan Mitos-mitos Misterius yang Menyelubunginya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)