Ikan Cupang Giant Banyak Dicari karena Bentuk, Ukuran Serta Warna yang Unik

loading...
Ikan Cupang Giant Banyak Dicari karena Bentuk, Ukuran Serta Warna yang Unik
Ikan cupang masih banyak dicari para penghobi ikan hias disaat pandemi COVID-19 ini. Foto iNews TV/Dedi M
BOJONEGORO - Ikan cupang masih banyak dicari para penghobi ikan hias disaat pandemi COVID-19 ini. Bagaimana tidak di saat usaha-usaha lain banyak yang terpuruk usaha penjualan ikan cupang justru berkembang.
Ikan Cupang Giant Banyak Dicari karena Bentuk, Ukuran Serta Warna yang Unik

Salah satu yang dikembangkan yaitu ikan cupang jenis giant. Cupang jenis ini banyak diminati karena selain warna juga bentuknya yang agak besar banyak diminati

Seperti halnya yang diungkapkan Didik Setiawan (40) pria asal Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Kota, Bojonegoro ini. Dia mulai menekuni usaha budidaya ikan cupang pada awal tahun 2020 semenjak pandemi COVID-19 merebak di tanah air.

Baca: Kian Diburu, Bisnis Ikan Cupang Terus Menjamur di Masa Pandemi

Didik menuturkan, sebelum membudidayakan ikan cupang dirinya sempat menganggur lantaran usaha yang dia geluti sebelumnya yaitu beternak burung love bird tidak menghasilkan. Ini terjadi lantaran harga burung anjlok sehingga ia memutuskan untuk beternak ikan cupang di halaman rumahnya.
Ikan Cupang Giant Banyak Dicari karena Bentuk, Ukuran Serta Warna yang Unik

“Saya tak menyangka bisa sukses menjadi peternak ikan cupang di masa pandemi COVID-19 karena semula hanya memelihara lima pasang ekor ikan cupang kini memiliki sekitar 4.000 ekor cupang di rumah saya,” kata Didik, Minggu (21/2/2021).



“Untuk Ikan cupang jenis giant tersebut saya jual seharga Rp20.000 hingga Rp200.000 perekornya tergantung keindahan coraknya,” tambahnya.

Cupang giant sendiri memiliki bentuk badan yang lebih besar dibandingkan dengan ikan cupang lainnya. Jenis ini memiliki ukuran mencapai 7-15 cm. Selain memiliki warna yang bagus juga bersifat agresif bila melihat ikan lain yang memasuki wilayahnya.

Baca juga: Pameran Ikan Cupang di Mal Digandrungi Warga Depok


“Dengan hanya merawat ikan di rumah kini setiap bulan rata-rata bisa meraup keuntungan lebih dari Rp4 juta. Pembeli selain dari Bojonegoro juga dari berbagai daerah seperti Kabupaten Tuban, Lamongan hingga Surabaya,” ungkap Didik.
(sms)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top