Bupati Gowa Harap Integrasi Layanan Hak Anak Ditingkatkan

Jum'at, 12 Februari 2021 - 14:40 WIB
loading...
Bupati Gowa Harap Integrasi Layanan Hak Anak Ditingkatkan
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan berharap integrasi atas layanan hak anak terus ditingkatkan.Foto:Istimewa
A A A
SUNGGUMINASA - Bupati Gowa , Adnan Purichta Ichsan berharap integrasi atas layanan hak anak terus ditingkatkan. Hal itu disampaikan orang nomor satu Kabupaten Gowa ini saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunanan (Musrenbang) Anak secara virtual, Kamis (11/2/2021).

Menurut Adnan, pemberian ruang aspirasi bagi anak dalam tahapan perencanaan pembangunan daerah merupakan sebuah terobosan pemerintah daerah yang harus terus dipertahankan, sebab partisipasi anak adalah salah satu hak dasar anak yang harus dipenuhi.

“Dengan menjamin terpenuhinya hak partisipasi anak tentu akan berdampak positif terhadap proses tumbuh kembang anak. Karena anak yang aktif, akan lebih baik tumbuh kembangnya daripada anak yang pasif,” terangnya.

Tak hanya itu, kata dia, kebijakan kabupaten layak anak tetap merupakan prioritas yang wajib menjadi perhatian dalam menyusun program dan kegiatan dalam perencanaan pembangunan di setiap SKPD penyedia layanan publik di Kabupaten Gowa .

“Harapan besar kita adalah semua anak di Kabupaten Gowa mendapatkan layanan yang baik serta mendapatkan layanan pengaduan, kesehatan, rehabilitasi sosial, bantuan hukum, sampai pada layanan terintegrasi," harap Adnan.

Mengusung tema 'Kita Anak Gowa, Kita Sehat, Kita Produktif', Musrembang Anak ini digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa .



Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan anak dari 18 kecamatan se- Kabupaten Gowa , dan dilaksanakan untuk lebih meningkatkan lagi pemenuhan atas hak anak di Kabupaten Gowa.

“Pada Musrenbang Anak tahun 2020 terdapat 20 usulan kebijakan yang merupakan rangkuman usulan dari beberapa klaster hak anak . Walaupun terjadi refocusing anggaran, usulan tersebut tetap dapat terakomodir lebih kurang 85% di beberapa SKPD pada tahun 2021. Insya Allah tahun depan akan lebih ditingkatkan lagi,” ungkap Kepala Bappeda Kabupaten Gowa , Taufik Mursad.

Selain itu, Taufik mengharapkan bahwa output yang dihasilkan merupakan usulan prioritas anak-anak Kabupaten Gowa dari beberapa klaster, yang langsung akan diteruskan kepada SKPD terkait melalui aplikasi SIPD.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3087 seconds (0.1#10.140)