Bikin Pening, Air PDAM Denpasar Tak Mengalir 4 Hari, Ini Curhatan Pelanggan

Selasa, 09 Februari 2021 - 14:10 WIB
loading...
Bikin Pening, Air PDAM Denpasar Tak Mengalir 4 Hari, Ini Curhatan Pelanggan
Bikin pening. Sudah empat hari ini warga Denpasar, Bali dibikin geram oleh matinya pasokan air bersih PDAM. Sekitar 89.000 pelanggan tak teraliri air bersih. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
DENPASAR - Bikin pening. Sudah empat hari ini warga Denpasar, Bali dibikin geram oleh matinya pasokan air bersih dari PDAM . Akibatnya, sekitar 89.000 pelanggan tidak teraliri air bersih.


Kondisi seperti ini selalu terjadi saat musim hujan tiba. "Sudah empat hari menampung air hujan," ujar Sri Rukmini, warga yang tinggal di daerah Ubung, Denpasar Utara, Selasa (9/2/2021).

Dia menuturkan, setiap pulang kerja harus lembur menampung air hujan yang beberapa hari ini turun malam hari. Air hujan itu lalu dipakai untuk mengisi bak mandi dan 8 ember untuk cadangan.



Cadangan air itu pun habis keesokan siangnya untuk keperluan MCK. "Untuk memasak pakai air isi ulang dulu," imbuh ibu empat anak ini.

Lain lagi cerita I Gusti Ngurah Pratama. Dia setiap hari harus membeli 20 galon air isi ulang akibat matinya air PDAM. "Satu galon air isi ulang Rp5000. Tinggal dikalikan saja," ungkapnya.

Pratama menilai kinerja PDAM Denpasar sangat buruk karena tidak pernah punya terobosan dalam memberikan layanan air bersih. "Denpasar ini kota internasional. Tapi setiap hujan air mati," ketusnya.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Ida Bagus Gede Arsana yang dikonfirmasi mengatakan, matinya layanan air bersih di Denpasar disebabkan instalasi pengolahan air di Belusung mengalami stop produksi sejak 6 Februari 2021.

Hal itu disebabkan hujan deras di hulu di Sungai Ayung di Belusung yang menyebabkan air baku keruh karena bercampur lumpur, pasir, dan material sampah. "Sehingga air baku sungai Ayung Belusung tidak dapat diolah atau diproduksi," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2080 seconds (0.1#10.140)