Tanggul Sungai Utama di Mojokerto Longsor 6 Titik, Warga Kawatir Kebanjiran

Selasa, 02 Februari 2021 - 15:24 WIB
loading...
Tanggul Sungai Utama di Mojokerto Longsor 6 Titik, Warga Kawatir Kebanjiran
Tanggul sungai utama yang mengeliling wilayah Kota Mojokerto, longsor di enam titik. Warga kawatir akan terjadi banjir. Foto/iNews TV/Sholahudin
A A A
MOJOKERTO - Tanggul sungai utama yang mengelilingi wilayah Kota Mojokerto, longsor di enam titik . Kondisi ini membuat warga cemas, karena kawatir rumah mereka yang ada di balik tanggul tersebut bakal kebanjiran saat sungai meluap.



Sungai utama itu terdiri dari tiga aliran sungai, yakni Sungai Sadar, Sungai Cemporat, dan Sungai Brangkal. Tanggul longsor yang terparah ada di dua titik, yakni di Sungai Brangkal, masing-masing longsor sepanjang lima meter dan enam meter.



Salah seorang warga Naryo mengaku, warga merasa was-was longsor tanggul tersebut bisa menimbulkan banjir yang merendam ratusan rumah warga di Kelurahan Sinoman, Kecamatan Kranggan. "Kami sudah berjaga di tanggul yang longsor secara bergantian," tuturnya.



Pembangunan tanggul di ketiga sungai besar yang mengelilingi Kota Mojokerto, tidak bisa dilakukan oleh Pemkot Mojokerto, karena merupakan wewenang dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) yang terpusat di Solo.



Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan, pihak BBWS telah menyiapkan anggaran untuk melakukan revitalisasi tanggul tersebut. "Kabarnya tinggal menunggu proses lelang. Apabila jebol dampaknya sangat besar, karena berada di tengah kota," tuturnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)