Ada Bibit Siklon di Samudra Hindia, BMKG: Potensi Ombak Tinggi di Laut Selatan Jawa Barat

Senin, 01 Februari 2021 - 11:22 WIB
loading...
Ada Bibit Siklon di Samudra Hindia, BMKG: Potensi Ombak Tinggi di Laut Selatan Jawa Barat
BMKG memperingatkan potensi ombak tingi di Laut Selatan Jawa Barat.Foto/ist
A A A
BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) memperingatkan potensi imbas besar di laut selatan Pulau Jawa dengan ketinggian 2 hingga 4 meter. Potensi gelombang tinggi diprediksi hingga sepekan ke depan.

Potensi gelombang tinggi di laut selatan Jawa Barat meliputi wilayah Pangandaran, pantai selatan Garut, hingga Sukabumi. Sementara, untuk pantai utara Jawa Barat, tinggi gelombang normal, antara 0,5 hingga 2 meter.

Baca juga: Gelar Musdalub, LDII Diminta Terus Bersinergi dengan Pemkot Bandung

Menurut Deputi Bidang Meteorologi Guswanto, gelombang tinggi di laut selatan Jawa, terjadi akibat kombinasi gelombang Rossby Ekuator, gelombang Kelvin, dan gelombang Low Frequency di wilayah dan periode yang sama, yakni di Laut China Selatan, Samudera Pasifik utara Papua, Samudera Hindia barat Lampung hingga selatan NTT, sebagian besar Jawa, Bali, NTT bagian barat, Laut Bali, Laut Sumbawa.

"Kondisi itu mampu meningkatkan aktivitas konvektif dan pembentukan pola sirkulasi siklonik di wilayah tersebut. BMKG memantau adanya bibit siklon tropis 93S di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Sumatera," kata dia.

Baca juga: Bobol Rumah Warga Tasikmalaya, Residivis Tewas Dihakimi Massa

Namun, posisi sistem yang cukup jauh dari wilayah Indonesia dan arah gerak menjauhi wilayah Indonesia sehingga tidak memberikan dampak terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia.

Akan tetapi, kata dia, memberikan pengaruh berupa potensi hujan lebat, peningkatan kecepatan angin dan tinggi gelombang di Samudera Hindia Selatan Sumatera - Jawa Barat.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)