Pemkab Luwu Rapikan Batas Wilayah dengan Kabupaten Wajo

Senin, 25 Januari 2021 - 16:49 WIB
loading...
Pemkab Luwu Rapikan Batas Wilayah dengan Kabupaten Wajo
Suasana rapat pembahasan batas wilayah Kabupaten Luwu dengan Wajo. Foto: Sindonews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Setelah membahas batas wilayah dengan Kota Palopo, Pemkab Luwu , melakukan pertemuan dengan Pemkab Wajo, juga membahas batas wilayah, Senin (25/1/2021).

Dalam pertemuan ini, kedua pihak sepakat merapikan batas wilayah masing-masing di perbatasan Luwu dan Wajo. Keduanya menyatakan kata sepakat dan akan kembali menggelar pertemuan lanjutan guna finalisasi batas wilayah.

Kabag Pemerintahan Kabupaten Luwu , Enrika Nurthalib, menjelaskan, dalam pertemuan ini terungkap ada sekira 74 hektar kedua wilayah yang saling klaim.



"Ada sekira 74 hektar lahan di dua wilayah, Luwu dan Wajo yang intersecht atau saling klaim. Daerah Wajo yang diklaim sebagai wilayah Luwu yakni ada di Desa Buriko Kecamatan Pitumpanua," ujarnya, kepada Sindonews, Senin, (25/01/2021).

Dirinya menjelaskan, ada pula wilayah Luwu yang diklaim Wajo yakni di Desa Gandang Batu Kecamatan Larompong Selatan.

"Dalam rapat tadi semua terungkap, ada daerah yang tumpang tindih dan insyaallah, kita akan selesaikan secepatnya," tambahnya.

Enrika menjelaskan, kedua tim dari Luwu dan Wajo sudah menyepakati permintaan tim dari Luwu, bahwa penyelesaian batas wilayah sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Luwu no 6 tahum 2011 tentang RTRW.

"Jadi tadi itu kita minta mereka untuk kembali dan melaporkan ke atasannya walaupun pada prinsipnya kita sepakat. Begitupun dengan pemanfaatan pola ruang dan struktur ruang, karena tahapan RTRW Wajo sudah lebih duluan sementara Luwu persiapan Revisi RTRW," lanjutnya.



Untuk diketahui, Pemkab Luwu beberapa hari terakhir aktif melakukan pertemuan dengan daerah tetangga membahas tapal batas wilayah.

Informasi yang dihimpun bukan hanya Palopo dan Wajo, Pemkab Luwu juga telah melakukan pembahasan tapal batas dengan Toraja Utara namun berlangsung alot.

Disebutkan Pemkab Toraja Utara, telah mengklaim ratusan bahkan ribuan hektar wilayah pegunungan Kabupaten Luwu .
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2522 seconds (0.1#10.140)