Aplikasi Pasar Kerja Perawat, Solusi Kebutuhan Perawat di Tengah Pandemi

Senin, 25 Januari 2021 - 18:15 WIB
loading...
Aplikasi Pasar Kerja Perawat, Solusi Kebutuhan Perawat di Tengah Pandemi
Aplikasi Pasar Kerja Perawat menjadi solusi kebutuhan perawat di tengah pandemi
A A A
SURABAYA - Keberadaan perawat selama ini menjadi tulang punggung sistem layanan kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Kebutuhan terhadap tenaga keperawatan dibutuhkan di berbagai rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan.

Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Ferry Efendi membuat start-up yang diberi nama Pasar Kerja Perawat untuk mempertemukan lulusan yang sedang mencari pekerjaan dengan fasilitas layanan kesehatan yang memiliki lowongan kerja.

Baca juga: Jumlah OTG COVID-19 Kian mencemaskan, Isolasi Mandiri Harus Tepat

"Fitur utamanya adalah informasi lowongan kerja keperawatan. Para pengguna bisa langsung mendapatkan update lowongan kerja perawat yang tersedia saat ini. Pengguna juga dapat mencari lowongan sesuai bidang keahlian, misalnya perawat ICU, perawat COVID-19, dan seterusnya,” kata Ferry, Senin (25/1/2021).

Ia melanjutkan, aplikasi ini tidak hanya menyasar para pencari kerja, tapi juga penyedia kerja. Menurutnya, rumah sakit, klinik, dan penyedia kerja lainnya dapat memasang informasi lowongan kerja di aplikasi tersebut.

Baca juga: MyBeb, Platform Media Sosial Bikinan Arek Suroboyo

Untuk penyedia yang berlangganan fitur premium, para pencari kerja bisa langsung melamar lewat aplikasi. “Jadi bisa mempermudah proses rekrutmen bagi kedua belah pihak,” ungkapnya.

Sekretaris di Lembaga Inovasi, Pengembangan Jurnal, Penerbitan, dan Hak Kekayaan Intelektual (LIPJPHKI) ini menambahkan, start-up ini sudah berbadan hukum dengan nama PT. Pasar Kerja Perawat.

Baca juga: Pandemi COVID-19, Angka Kematian Bayi di Kota Malang Meningkat

Direktur PT Pasar Kerja Perawat Gading Ekapuja Aurizki menambahkan, pendaftaran PT itu bertujuan agar aplikasi ini bisa berkembang lebih besar, terutama untuk menarik investor.

"Ke depannya aplikasi Pasar Kerja Perawat tidak hanya bergerak di bidang rekrutmen dan penyedia informasi lowongan kerja, tapi juga pelatihan untuk tenaga perawat," jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Start-up ini sudah memiliki program BISIKAN (Bincang Asik Keperawatan). Sebuah talkshow yang berfokus pada pengembangan karier perawat yang berlangsung dua pekan sekali.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2236 seconds (0.1#10.140)