Seperti Apa Ramadhan di Negeri Seberang, Yuk Gabung Webinar Ini

Sabtu, 16 Mei 2020 - 06:45 WIB
loading...
Seperti Apa Ramadhan di Negeri Seberang, Yuk Gabung Webinar Ini
Kauje dan LP2M Unej malam nanti akan mengadakan webinar series 2.
A A A
SURABAYA - Setelah sukses Webiner Series pertama beberapa waktu lalu, Keluarga Alumni Universitas Jember (Kauje) dan LP2M Universitas Jember menggelar Webiner Series 2, Sabtu (16/5/2020) malam nanti.

Kali ini tema yang dibicarakan adalah Ramadhan dan Ujian Pandemi di Negeri Seberang. Seperti apa dan bagaimana ibadah puasa di beberapa negara saat pandemi sekarang ini.

Apakah WNI muslim justru memperkuat ibadahnya di manca negara, bagaimana strategi WNI di negara-negara minoritas muslim bertahan dan apa gaya hidup yang dijalankan. Bagaimana budaya negara-negara di Asia dan benua lainnya dalam menjalankan ibadah Ramadhan.

Adapun narasumber yang berkontribusi dalam Webinar ini adalah Drs. Moch. Khusnu M.Si. (Atase Perhubungan di Den Haag Belanda, alumni FISIP), Dian Ediono, SE, (Vice Presiden SBU Umrah dan Haji, General Manajer Garuda Indonesia Area Thailand, Laos, Myanmar dan Kamboja, alumni FEB).

Melalui pengalaman di berbagai negara Asia, akan dipaparkan bagaimana Ramadhan di negara-negara Asia dengan minoritas muslim dan bagaimana dampak Pandemi Covid 19 terhadap WNI yang menjalankan ibadah Ramadhan.

Narasumber lainnya Fuad Bahrul Ulum, S.Si., M.Sc. (Dosen MIPA Biologi yang sedang tugas belajar di Georg-August-Universitat Gotingen Jerman) yang akan mendiskripsikan bagaimana Ramadhan di Jerman beserta foto-foto dan aktivitas Ramadhan di saat pandemi Covid 19.

Ada juga Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd. (Dosen FKIP sedang tugas belajar di National Taiwan Normal University) yang akan memaparkan bagaimana Ramadhan di Taiwan beserta foto-foto dan aktivitas Ramadhan di saat pandemi Covid 19.

Taiwan merupakan negara dengan angka infeksi covid terendah sedunia walaupun dekat perbatasan dengan Tiongkok, hal menarik lain adalah tentang kehidupan muslim di saat ramadhan dan era pandemi Covid akan menjadi diskusi yang menarik.

Webinar Serie #2 akan menghadirkan pembahas yaitu Khairul Anam, S.T, M.T, Ph.D (sekretaris 3 LP2M Universitas Jember) dan akan dipandu Drs. Achmad Munir dari Direktur Pemberitaan LKBN Antara.

Ketua Kauje M Sarmudji mengatakan, webinar Series #2 ini mengkaji budaya dan perilaku masyarakat muslim saat Ramadhan terlebih masa pandemi covid 19 pada berbagai negara.

"Kajian akan mendiskripsikan bagaimana solidaritas dan modal sosial diantara warga pada berbagai wilayah dengan berbagai tipologi wilayah dan karakter masyarakat yang beragam," katanya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2203 seconds (0.1#10.140)