Harga Kedelai Meroket, Disperindag dan Polda Banten Sidak Gudang

Kamis, 07 Januari 2021 - 18:30 WIB
loading...
Harga Kedelai Meroket, Disperindag dan Polda Banten Sidak Gudang
Gudang penyimpanan kacang kedelai di kawasan KBS disidak oleh Disperindag dan Polda Banten. Hasilnya, terlihat hanya sedikit kacang kedelai yang tersedia di gudang. Foto SINDOnews
A A A
CILEGON - Gudang penyimpanan kacang kedelai di kawasan Krakatau Bandar Samudera (KBS) disidak oleh Disperindag dan Polda Banten. Hasilnya, terlihat hanya sedikit kacang kedelai yang tersedia di gudang milik PT Centra Grain Terminal (CGT).

Imam Santoso, Plt Kabid Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Disperindag Banten mengatakan, pasokan kacang kedelai terhambat lantaran tersedot ke China yang permintaan kedelainya sedang tinggi. "Informasi dari pengelola gudang ada 2.100 ton kedelai siap edar. Permintaan China meningkat, sehingga kedelai Amerika tersedot oleh kebutuhan China," kata Plt Kabid PDN, Imam Santoso, usai sidak, Kamis (07/01/2021). (Baca juga: Terungkap! Indonesia Negara Pengimpor Kedelai Terbesar Kedua di Dunia)

Imam berharap dengan tersedianya kedelai dan akan datang lagi import dari Amerika besok, Jumat (08/01/2021) harga kedelai , tahu, tempe bisa kembali normal dan mudah diperoleh masyarakat. "Infonya cukup dengan segitu, seminggu ke depan aman untuk stok kedelai. Kalau harga (kedelai) katanya lebih dari semestinya. Kalau data yang kita peroleh sekitar Rp10 ribu sampai Rp11.500/kg," jelasnya.

Sukinto, selaku Head Operasional Gudang PT CGT mengklaim ketersediaan kedelai masih ada 2.100 ton dan cukup memenuhi kebutuhan Banten hingga beberapa hari ke depan. "Kalau dari sisi suplay menurut saya enggak ada masalah. Pengrajin tahu tempe tidak bisa produksi bukan karena tidak ada stok, saya enggak tahu penyebabnya," kata Sukinto, Kamis (07/01/2021). (Baca juga: Waduh, Harga Kedelai Masih Bisa Naik di Atas Rp10.000 per Kg)

Menurut Sukinto, sepanjang tahun 2020 pengiriman kedelai tidak pernah menemui kendala. Namun di bulan Desember 2000 mengalami keterlambatan pengiriman karena cuaca buruk. Kebutuhan kedelai di PT CGT dipasok dari Amerika. Sekali bongkar, bisa mencapai 40 ribu ton. Dia menjanjikan besok, Jumat, 08 Januari 2021, akan datang lagi kedelai dari Negeri Paman Sam.

"Kedelai ini untuk Jawa bagian barat, terjauh ke Bekasi. Sehari kurang lebih 1.000 ton (pengiriman). Kedelai dari US, sekali bongkar 40 ribu ton. Jadwal kapal tidak bisa kita pegang, biasanya sih minimum sebulan pasti ada satu kapal masuk," terangnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2355 seconds (0.1#10.140)