Vaksinasi COVID-19 di Malang Akan Dimulai Pertengahan Januari

Selasa, 05 Januari 2021 - 16:26 WIB
loading...
Vaksinasi COVID-19 di Malang Akan Dimulai Pertengahan Januari
Juru Bicara Satgas COVID-19 dr. Husnul Muarif
A A A
MALANG - Program vaksinasi COVID-19 akan dilakukan pertengahan Januari 2021 di sejumlah daerah di Indonesia. Hal ini berdasarkan rapat koordinasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes), BNPB dengan sejumlah kepala daerah di Indonesia pada Selasa (5/1/2021).

Rencananya vaksinasi akan dilakukan simbolis pada 13 Januari 2021 di tingkat pusat. Sedangkan untuk tingkat daerah bakal dilakukan pada 14 dan 15 Januari 2021.

(Baca juga: Vaksinasi COVID-19 Serentak Kabupaten Paska Presiden Jokowi Pada 13 Januari )

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Malang dr. Husnul Muarif mengatakan, vaksinasi akan dilakukan simbolis dari pemerintah pusat diikuti pemerintah daerah di hari berikutnya.

"Nanti pelaksanaan akan dilakukan secara simbolis. Mulai dari Presiden, Menteri, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Sedangkan untuk di daerah, akan dilakukan oleh Gubernur, Sekda maupun Forkompimda," ujar dr. Husnul Muarif dikonfirmasi pada Selasa.

Husnul menambahkan, tiga poin utama yang ditekankan Kemenkes dalam rapat koordinasi tadi yakni ketersediaan, pendistribusian, dan jadwal pelaksanaan vaksin. Sementara untuk prioritas vaksinasi saat ini adalah tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik, lanjut usia, dan masyarakat yang rentan.

(Baca juga: Cacha Trio Macan Akhirnya Meninggal Dunia di RSUD Ungaran )

"Nanti pengaturannya itu diserahkan semua kepada kepala daerah. Nanti ada tahapannya, tahap 1, tahap 2, dan tahap 3. Nah ini nanti yang harus disosialisasikan kepada masyarakat," ucapnya.

Pria yang juga Direktur RSUD Kota Malang ini menitipkan pesan dari BNPB kepada masyarakat, bahwa vaksinasi bukanlah akhir dari Covid-19. Maka tetap diperlukan menerapkan protokol kesehatan.

"Vaksin ini bukan akhir dari segalanya. Jadi sekalipun di vaksin, Covid-19 bukan berhenti. Sehingga vaksin ini hanya sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran daripada virus Covid-19," tukasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)