1,2 Juta Vaksin COVID-19 Mulai Didistribusikan, Pengamat: Tidak Akan Berdampak Apapun

Senin, 04 Januari 2021 - 16:30 WIB
loading...
1,2 Juta Vaksin COVID-19 Mulai Didistribusikan, Pengamat: Tidak Akan Berdampak Apapun
Langkah vaksinasi COVID-19 yang dilakukan pemerintah, dinilai oleh pengamat masih belum berdampak pada penyebaran COVID-19. Foto/Ilustrasi
A A A
BANDUNG - PT Bio Farma dalam dua hari terakhir mulai mendistribusikan vaksin dari hasil pembelian 1,2 juta dosis ke Sinovac, China. Kendati begitu, vaksinasi yang nantinya akan diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) ini, tidak akan berdampak apapun terhadap pandemi.

(Baca juga: Kemenkes Sepakat Beli 50 Juta Dosis Vaksin AZD1222 dari AstraZeneca )

" Memvaksin sebanyak 1,2 juta dosis itu tidak akan ada dampaknya terhadap laju pandemi. Karena, untuk vaksin tahap pertama ini, dialokasikan bagi tenaga kesehatan," kata epidemiologi dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Panji Fortuna Hadisoemarto.



Menurut dia, pandemi di Indonesia akan terkendali bila lebih dari setengah penduduk rentan di Indonesia telah vaksinasi dalam waktu cepat. Namun mempertimbangkan ketersediaan vaksin ini, diperkirakan baru bisa terealisasi lewat pertengahan tahun 2021.

"Saya gak bilang vaksin buat Nakes gak penting, bagi nakes itu sangat penting karena mereka berisiko tinggi tertular. Itu sangat bagus untuk melindungi mereka. Tapi kalau dilihat dalam rangka pengendalian pandemi, enggak akan menahan sedikitpun," tegas dia.

(Baca juga: Dicopot Dari Jabatan Wakil Dekan Unpad Karena Terlibat HTI, Ini Komentar AHS )

Oleh karenanya, dia mengimbau kepada masyarakat, agar tetap menerapkan 3M agar mencegah terjadinya peningkatan kasus COVID-19 . Pemejentah juga diminta meningkatkan testing, tracing, treatment (3T) agar memberi dampak lebih luas lagi.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)