Industri Logistik Percepat UMKM Naik Kelas

Kamis, 31 Desember 2020 - 23:55 WIB
loading...
A A A
Menurut dia, program tersebut bentuk tanggung jawab sosial JNE ikut memajukan perekonomian nasional, membantu meningkatkan pemasaran produk UMKM. Melalui Pesona, diharapkan menjadi wadah pemasaran produk dalam negeri secara online. Saat ini lebih dari 2.000 produsen dengan 8.000 varian makanan khas dari seluruh Indonesia telah bekerjasama dengan Pesona.

Dukungan JNE memajukan UMKM, tak hanya tahun ini saja. Hampir tiga dekade berkiprah, JNE aktif menginisiasi berbagai program untuk meningkatkan penjualan bagi pelaku usaha. Sementara khusus bagi usaha mikro dan kecil, JNE juga beberapa kali menggelar pelatihan bisnis. Di antaranya menggandeng Dewa Eka Prayoga melakukan pelatihan dan pendampingan bisnis bagi 800 pelaku usaha melalui program “Extreme Collaboration UMKM Indonesia Naik Kelas”.

Langkah Tepat
CEO dan Founder Boleh Dicoba Digital (BDD) Rizki Fahrurrozi mengatakan, sejak pandemi melanda dunia, semakin banyak pelaku UMKM di Indonesia yang beralih menggunakan media digital sebagai sarana meningkatkan penjualan. Transformasi ini, juga didorong oleh tersedianya infrastruktur digital dan layanan logistik yang menawarkan berbagai program menarik, seperti gratis ongkos kirim.

Menurut dia, salah satu persoalan pelaku usaha adalah pemasaran. Pandemi telah membuat penjualan offline turun. Sementara keterbatasan pengetahuan terhadap teknologi membuat pelaku usaha belum maksimal mengandalkan penjualan online.

"Ketersediaan infrastruktur pendukung seperti marketplace, jasa kurir, dan teknologi sangat penting dalam men-drive pelaku UMKM meningkatkan penjualan. Event Harbolnas misalnya, telah mendorong kenaikan transaksi pelaku usaha dari kelas menengah dan bawah sampai 300%," imbuh dia.

Namun, tantangan kedepan yang perlu diantisipasi adalah semakin banyak pelaku usaha yang mengakses pemasaran melalui media digital. Artinya, kompetisi harga dan produk akan semakin ketat. Sehingga, dibutuhkan produk yang memiliki keunikan khusus.

Apresiasi terhadap program JNE juga dikemukakan Pemilik Skat Brownies Nendi Adviadi. Menurut dia, program diskon harga sampai 50% di platform Pesona mendorong usahanya kembali bangkit. Selama pandemi, penjualan kue miliknya sempat turun sampai 60%.

"Program diskon harga sampai 50% yang digelar JNE pada Harbolnas 12.12 mendongkrak penjualan dan meningkatkan kembali produksi kami," katanya.

JNE terus meningkatkan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan kiriman logistik dan kurir, untuk mendorong ekonomi bangsa. Foto/Ist
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1770 seconds (0.1#10.140)