Malam Tahun Baru 2021, 9 Akses Jalan Tutup Total dan Alun-alun Kota Blitar Steril

Kamis, 31 Desember 2020 - 15:42 WIB
loading...
Malam Tahun Baru 2021, 9 Akses Jalan Tutup Total dan Alun-alun Kota Blitar Steril
Alun alun Kota Blitar, dan sekitarnya yang pada malam pergantian tahun nanti, steril dari perayaaan. Foto/SINDOnews/Solichan Arif
A A A
BLITAR - Penutupan total pada malam pergantian tahun baru akan dilakukan di seluruh akses jalan menuju Alun-alun Kota Blitar . Perayaaan malam pergantian tahun yang biasanya berpusat di alun-alun, dipastikan tidak ada. Namun para pedagang makanan minuman, termasuk kafe dan warung kopi, masih diizinkan berjualan. Khusus kafe dan resto dibatasi hingga pukul 23.00 WIB.

(Baca juga: Jelang 2021 FPI Dibubarkan Pemerintah, Karangan Bunga Bertebaran di Kota Bandung )

Menurut Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela, akan menyiagakan personil gabungan di seluruh titik pintu masuk menuju Kota Blitar . "Intinya jangan sampai ada kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan," ujar Leonard kepada wartawan Kamis (31/12/2020). Penutupan seluruh akses jalan menuju Alun-alun Kota Blitar dimulai pukul 20.00-04.30 WIB.

Sesuai instruksi Wali Kota Blitar, ada sembilan ruas jalan yang akan ditutup total pada malam pergantian tahun baru. Yakni Jalan Merdeka, Jalan Veteran, Jalan DR Wahidun Sudirohusodo, Jalan Seruni, Jalan Kelud, Jalan Merapi, Jalan Kenanga, Jalan Lawu dan Jalan Teratai. Leonard mengatakan, selama ini di setiap malam pergantian tahun, Alun-alun Kota Blitar selalu menjadi pusat titik kumpul.



Pada tahun sebelumnya, selalu ada pesta rakyat dan perayaan kembang api. Masyarakat biasanya menuju alun-alun dengan berbondong-bondong konvoi kendaraan. Karenannya selain mencegat di titik masuk, kata Leonard petugas juga akan berpatroli mengantisipasi terjadinya konvoi atau pawai kendaraan. "Yang ketahuan konvoi atau pawai akan langsung kita minta putar balik, tidak boleh masuk Kota Blitar ," tegas Leonard.

(Baca juga: Lagi Asyik Tegak Miras, Wanita-wanita Seksi di Kafe Holywings Gold Kaget Dibubarkan Satpol PP)

Kepala Dishub Kota Blitar , Priyo Suhartono mengatakan, dalam pelaksanaan penutupan akses jalan untuk menyetrilkan alun-alun dan sekitarnya, Pemkot Blitar telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian. "Kita koordinasikan dengan pihak Polres Blitar Kota," kata Priyo.

Langkah yang diambil Pemkot Blitar sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 . Sebab sampai hari ini kasus positif COVID-19 di Kota Blitar masih juga bertambah. "Ini sebagai upaya kita memutus rantai penyebaran COVID-19 ," pungkas Priyo.

Sementara salah satu pengelola kafe resto di Kota Blitar, mengatakan, malam pergantian tahun baru memang berlaku jam malam. Seluruh tempat wisata dan hiburan juga ditutup. Namun khusus kafe tetap diijinkan buka.

"Kami (kafe dan resto) tetap diijinkan buka pada malam pergantian tahun . Namun waktunya dibatasi maksimal jam 23.00 WIB," ujar salah satu pengelola kafe dan resto di Kota Blitar yang enggan disebut nama.

(Baca juga: Terjerat Korupsi, Mantan Kadinkes Berwajah Cantik Dipenjara 4 Tahun )

Ia menambahkan, kebijakan Pemkot Blitar tetap membolehkan kafe berjualan hingga pukul 23.00 WIB tersebut, dinilai sangat membantu. Sebab di awal pandemi COVID-19 , tidak sedikit pemilik kafe di Kota Blitar menutup usahanya. "Kayak di tempat kami ini sempat tutup selama tujuh bulan," katanya menjelaskan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2358 seconds (0.1#10.140)