Polda Kepri Lakukan Tes Swab dan Narkoba pada Kru Pesawat di Bandara Hang Nadim

loading...
Polda Kepri Lakukan Tes Swab dan Narkoba pada Kru Pesawat di Bandara Hang Nadim
Polda Kepri menggelar test swab pada kru pesawat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kamis (31/12/20). SINDOnews/Dicky
BATAM - Polda Kepri menggelar test swab pada kru pesawat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kamis (31/12/20). Setidaknya, dalam pemeriksaan ini ada 29 sampel yang diambil dari 29 grup kru pesawat baik yang datang maupun pergi dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

"Baru saja kita ambil 29 sampel yang diambil dari 29 grup pesawat baik mereka yang baru landing maupun akan take off," ujar Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhart didampingi Diresnarkoba Kombes Pol Mudji Supriyadi.

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pada pukul 09.00 WIB tersebut dinyatakan negatif narkotika semua. "Semua negatif," ucapnya. (Baca: 8 Daerah di Jawa Timur Berstatus Zona Merah COVID-19).

Dia menjelaskan, kali ini Ditresnarkoba melakukan pemeriksaan tidak lagi menggunakan test urine. Namun dengan menggunakan cara baru yaitu dilakukan drug of abuse multipanel test atau di ambil air liur dengan swab. "Dari Bareskrim ini, alat lnya baru dan dijamin lebih akurat, tingkat akurasi kurang lebih sekitar 90%," katanya. (Baca: Ini 5 Spot yang Tak Pernah Dilewatkan Traveler di Bali).

Pemeriksaan ini adalah bagian dari Operasi Lilin Seligi 2020 yang dilaksanakan tiap tahun. Tujuannya tentu untuk memastikan keamanan penumpang pesawat selama musim natal dan tahun baru. "Kita pastikan kru pesawat bebas narkotika agar penumpang pesawat selamat," pungkasnya.

(nag)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top