Longsor Sapu Dua Rumah di Lembang, Seorang Warga Hilang

Kamis, 24 Desember 2020 - 23:13 WIB
loading...
Longsor Sapu Dua Rumah di Lembang, Seorang Warga Hilang
Petugas BPBD KBB mengevakuasi korban yang terjebak di dalam rumah akibat dihantam tanah longsor di Lembang, Kamis (24/12/2020) malam. Foto/Ist
A A A
LEMBANG - Hujan deras mengakibatkan dua rumah di Kampung Lebak Cihideung, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang , Kabupaten Bandung Barat (KBB) disapu tanah longsor , Kamis (24/12/2020) malam.

Satu keluarga yang terdiri dari empat orang sempat terjebak di dalam rumah. Hingga berita ini dibuat tiga di antaranya berhasil dievakuasi sementara seorang lagi masih dicari.

(Baca juga: Hujan Deras, Jalan Pagarsih dan Pasteur Bandung Terendam Banjir)

"Ada empat orang (satu keluarga) yang sempat terjebak di dalam rumah, tiga berhasil dievakuasi dan kondisinya selamat. Satu lagi masih dicari," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo saat dikonfirmasi.

(Baca juga: Loncat ke Curug Batu Black, Mahasiswa Tewas Tersedot Pusaran Air)

Duddy menyebutkan, korban yang sudah berhasil dievakuasi dengan keadaan selamat adalah Ani Suryani (41), Dani (19), dan Adi (5). Sementara yang masih dalam proses pencarian adalah suami dari Ani yang juga Ketua RT 02, Dedi Rohendi (43).

Mereka yang berhasil dievakuasi langsung dibawa ke Puskesmas Jayagiri, Lembang. Sementara proses pencarian satu orang lagi yang dilakukan oleh petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, relawan, dan dibantu masyarakat cukup terkendala.

"Proses evakuasi terhalang oleh reruntuhan bangunan dan tanah yang masih labil yang berpotensi terjadi longsor susulan," kata Duddy.

Menurutnya, longsor ini terjadi karena curah hujan yang tinggi dan lama. Kemudian rumah yang rusak lokasinya berada dekat dengan tebing, sehingga ketika tebing setinggi kurang lebih 10 meter itu longsor material tanah langsung menimpa bangunan rumah. "Total ada dua rumah yang terdampak, dan semuanya mengalami rusak parah," sebutnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)