Aum... Corina Si Harimau Korban Jerat di Riau Dilepasliarkan

Minggu, 20 Desember 2020 - 18:05 WIB
loading...
Aum... Corina Si Harimau Korban Jerat di Riau Dilepasliarkan
Aum...Harimau Korban Jerat di Riau Dilepasliarkan. Foto/Ist
A A A
PEKANBARU - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melakukan pelepasliaran harimau Sumatera. Harimau bernama Corina merupakan satwa dilindungi yang menjadi korban jerat para pemburu.

Corina beberapa waktu terkena terjerat di kawasan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) salah satu perusahaan di Kabupaten Pelalawan, Riau.

Corina mengalami luka cukup parah di bagian kaki depan. Setelah memakan waktu sembilan bulan, akhirnya kondisi harimau betina ini membaik.

Aum... Corina Si Harimau Korban Jerat di Riau Dilepasliarkan


"Hari ini saatnya Corina pulang kampung. Kondisinya sudah membaik," kata Kepala BBKSDA Riau, Suharyono Minggu (20/12/2020).

Corina terjerat pada bulan Maret 2020. Petugas membawa si raja hutan itu ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera di Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat.

Tim dokter melakukan perawatan. Butuh waktu selama tiga bulan untuk bisa menyembuhkan luka di kaki Corina.

Setelah kakinya sembuh, Corina tidak serta merta bisa dilepasliarkan. Tim medis harus berusaha agar mengembalikan psikis harimau akibat kena jerat.

Haryono mengatakan tidak mudah merawat harimau hingga kondisi puluh seperti sediakala. Selain itu, salah satu syarat yang harus dikaji setelah Corina sembuh adalah mencari tempat alamnya.

Lokasi hutan yang ditentukan tidak ada harimau lain dan habitat barunya juga tercukupi pakannya seperti babi dan rusa. Akhirnya disepekati Corina dilepas di Restorasi Ekosistem Riau (RER) di Riau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3998 seconds (0.1#10.140)