Waduh, Peretas Galang Dana dengan Akun Medsos Kadisparbud Kota Bandung

Kamis, 17 Desember 2020 - 22:16 WIB
loading...
Waduh, Peretas Galang Dana dengan Akun Medsos Kadisparbud Kota Bandung
Akun Facebook dan WhatsApp (WA) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari di retas orang tak bertanggungjawab. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Akun Facebook dan WhatsApp (WA) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bandung , Kenny Dewi Kaniasari diretas orang tak bertanggungjawab. Peretas membuat nomor WhatsApp palsu atas nama Kenny.

Akun Facebook Kadisparbud masih aktif dan digunakan untuk melakukan chat sejumlah orang. Sementara nomor WA dengan memasang foto Kenny juga melakukan chat dengan sejumlah orang. Pada chat itu, sempat mengatasnamakan Kenny untuk melakukan penggalangan dana.

(Baca juga: Digerebek di Kamar Hotel, Artis TA Diduga Terlibat Prostitusi Online)

"Betul, akun Facebook saya diambil alih orang lain. Sementara kalau WhatsApp pakai foto dan nama saya. Tapi nomornya berbeda," kata Kenny.

(Baca juga: Artis TA Berduaan di Kamar dengan Laki-laki, Begini Proses Penangkapannya)

Menurut dia, banyak laporan yang masuk ke dirinya menanyakan tentang nomor WA baru. Namun, sampai sejauh ini, belom ada laporan pihak yang dirugikan atas ulah orang tak bertanggungjawab itu. "Mudah mudahan tidak menamakan korban," katanya.

Dia berharap, pengalaman Facebook yang diatas orang menjadi pengalaman bagi masyarakat. Agar berhati-hati dengan data diri di sosial media. Karena, kata dia, data itu bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

"Data bisa saja dimanfaatkan dengan modus penipuan, yang pastinya merugikan banyak pihak terutama si pemilik account. Harapannya semoga tidak ada korban dari penipu yang mengatasnamakan saya," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5083 seconds (0.1#10.140)